5 Artikel Tanya-jawab Syariah Yang “hot” Minggu Ini

Banyak pertanyaan yang diulang-ulang dari sebagian pembaca tentang hukum seputar pekerjaan ataupun yang lainnya. Sejatinya permasalah tersebut sudah sering dibahas di web yang kita cintai ini. Berikut ini 5 artikel yang sering ditanyakan oleh pembaca:

1. Hukum Menjadi Dosen Ekonomi
Ada banyak kalangan yang menjadi dosen ekonomi menjadi ragu tentang kehalalan pekerjaan ini yang sering berhubungan dengan pelajaran ekonomi dan mengajarkan riba. Anda bisa melihat sisi hukum tentang pekerjaan ini.

2.  Hukum Penghasilan Penyanyi
Sering kali, penyanyi bus kota mengatakan kepada para penumpang, sebelum mereka meminta imbalan atas nyanyian yang mereka dendangkan, “Ikhlas dari Anda, halal buat kami.” Benarkah jika para penumpang memberi imbalan kepada mereka karena nyanyian mereka, maka harta tersebut menjadi halal untuk mereka?

3. Ketentuan Iklan “Per-Klik” di Situs Anda
Ada sebagian situs yang menyewakan sebagian halaman situsnya itu mengiklankan situs lain. Apakah ada persyaratan kejelasan tentang status sewa, misalnya: satu tahun, ataukah diperbolehkan jika tanpa kejelasan batas akhir masa sewa? Bolehkah jika uang sewanya berubah-ubah mengikuti jumlah pengunjung yang meng-klik iklan tersebut, semisal satu real untuk setiap setiap klik-nya?

4. Jual Beli dengan Orang Gila
Terkadang, ada orang gila yang mendatangi sebuah warung makan, lalu dia menyerahkan uang untuk membeli nasi rames atau es teh. Bolehkah bertransaksi dengannya? Apa yang harus kita lakukan? 

5. Plagiator dan Kejahatan Intelektual
Betapa jahatnya dan betapa buruknya orang yang mengaku-aku hasil jerih payah orang lain sebagai jerih payahnya sendiri. Maka hendaknya para penulis di dunia maya atau pun selainnya segera menghentikan kegiatan yang mempermainkan hasil jerih payah orang lain, dan jujurlah dalam berkarya, serta serupaya untuk selalu amanah.

 

———-

Sumber: www.pengusahamuslim.com – Sabtu, 2 Juni 2012

Print Friendly