Bagaimana Menjadi Pemimpin Ideal Bagi Bisnis Anda

Definisi kepemimpinan adalah, untuk menjadi pemimpin yang efektif anda harus mampu mempengaruhi karyawan dalam mencapai sasaran. Ini penting sebagai kontribusi pemimpin sebanyak yang dilakukan karyawan.

Pemimpin yang baik tidak perlu menggunakan kekuatan untuk menakut-nakuti atau intimidasi, atau mengolok-olok karyawan atau dengan permainan kekuasaan. Pemimpin yang baik mendorong karyawannya untuk melakukan yang terbaik dalam mencapai sasaran yang ditetapkan. Sasaran yang tidak terlalu jauh dicapai, sehingga karyawan merasa tidak dapat memenuhinya.

Seorang pemimpin yang baik tidak memiliki masalah dengan orang-orang yang mengikutinya. Ketika mereka melihat anda memiliki sense terhadap tujuan dan keyakinan, maka akan ditanggapi dengan serius. Jika anda berjalan layaknya orang yang tersesat dan kebingungan, maka karyawan tidak akan menghargai atau mengikuti anda.

Sebagai pemilik perusahaan, anda harus memiliki visi yang jelas kemana arah perusahaan. Pernyataan misi akan membantu karyawan dalam memenuhi sasaran yang ditetapkan. Pastikan semua top manajemen memahami apa yang menjadi sasaran anda, sehingga mereka dapat menjelaskannya pada staf.

Menjadi pemimpin yang baik bukan hanya menyuruh orang melakukan sesuatu. Ketika anda memimpin dengan memberikan contoh, anda membuat karyawan tahu bahwa anda tidak akan menyuruh mereka melakukan hal yang tidak dapat anda lakukan sendiri.

Studi menunjukkan salah satu faktor penting dalam membangun kepemimpinan adalah mendapatkan keyakinan karyawan. Ketika karyawan mempercayai dan menghargai anda, mereka akan lebih banyak melibatkan diri mereka dalam pekerjaan.

Sikap dimana anda menangani karyawan menunjukkan kemampuan kepemimpinan anda. Jika anda menunjukkan kekuatan sekaligus kelembutan,maka akan membangun keyakinan pada karyawan anda.

Ketika anda mendapatkan kepercayaan dan keyakinan karyawan, mereka akan memahami apa yang anda harapkan pada mereka. Komunikasi adalah salah satu faktor terpenting untuk menjadi pemimpin yang baik. Dengan memberikan contoh daripada memerintah mereka, anda mendapatkan respek mereka dengan cepat.

Menggunakan penilaian yang baik juga merupakan keterampilan yang digunakan oleh pemimpin yang baik dalam keseharian. Anda harus mampu mengakses situasi apapun dengan jelas dan membuat keputusan dengan cepat. Maka, dengan cepat karyawan akan menyadari betapa penting penilaian anda dan tergantung padanya.

Kepemimpinan bukan berarti mengetahui segalanya. Ketika anda meminta opini karyawan dan menghargai apa yang harus mereka katakan, maka anda akan mendapatkan respek mereka. Dengan mengetahui banyak hal yang ingin disampaikan dan kontribusi karyawan menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang baik.

Menjadi pemimpin yang baik bukanlah pekerjaan paruh waktu. Memerlukan banyak tanggung-jawab. Penting untuk anda ingat bahwa menjadi pemimpin yang baik dibangun atas bagaimana karyawan melihat anda.

Sumber: Leon Edwards

Membantu meningkatan diri dalam Penentuan sasaran, ingatan, manajemen waktu, IQ, public speaking, konsentrasi, kepemimpinan, stress management.

———-

Sumber: www.pengusahamuslim.com – Rabu,16 April 2008

Print Friendly