Mengambil Manfaat dari Minum Susu

Susu mengandung aneka nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan gizi anak. Contoh, asam lemak tak jenuh (AA, DHA, sphingomyelin), serat pangan yang berperan sebagai prebiotik (Fos-Gos), mineral (kalsium, fosfor, dan magnesium), dan lain sebagainya, yang diharapkan dapat mendukung kesehatan anak.

Selain itu susu juga memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang bisa menahan lapar cukup lama, sekaligus mengubah lemak menjadi energi. Energi sangat dibutuhkan oleh anak (terutama yang berada dalam masa perkembangan lanjutan) untuk membantunya beraktivitas lebih optimal. Di usia 1-3 tahun, anak dianjurkan  minum susu 2-3 sehari. Lalu di usia 4-6 tahun diturunkan menjadi 1-2 kali sehari.

Namun susu juga bermanfaat bagi semua orang berbagai usia. Hal ini karena susu merupakan makanan yang kaya nutrisi yang diperlukan tubuh.

 

Ada banyak manfaat dari minum susu. Berikut di antaranya:

1. Membantu Pembentukan Otot
Susu kaya protein yang diperlukan untuk pembentukan otot.

2. Mengembalikan Stamina
Susu sangat bermanfaat untuk me.gembalikan stamina dengan cepat setelah berolahraga atau bekerja berat. Hal ini karena susu cepat dicerna dan diserap tubuh.

3. Menyehatkan Tulang dan Gigi
Susu kaya kalsium yang sangat diperlukan untuk regenerasi sel tulang dan gigi.

4. Membantu Tidur
Susu membantu menenangkan syaraf dan merelaksasi otot sehingga membantu tidur terutama bagi orang yang susah tidur.

5. Suplemen Alami
Susu kaya akan vitamin dan mineral alami. Beberapa jenis suplen vitamin dan mineral dapat digantikan susu.

6. Susu Bersifat Antacid (Menetralkan Asam)
Minum susu membantu mengurangi gejala heartburn (nyeri lambung). Minum susu juga dapat mencegah masalah perut lainnya.

7. Menyehatkan Rambut dan Kuku
Susu mengandung kalsium dan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Banyak produk pelangsing justru dalam bentuk susu. Menu makan untuk menurunkan berat badan tetap menyertakan susu. Susu kaya protein untuk pembentukan otot dan bukan membentuk lemak tubuh.

9. Menyediakan Kebutuhan Nutrisi Harian
Susu mengandung karbohidrat, protein, vitamin, kalium, kalsium, fosfor, seng, dan riboflavin sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Susu tidak hanya memberikan gizi namun juga memberikan energy.

10. Menyehatkan Kulit
Susu mengandung asam laktat yang bertindak sebagai exfoliant yang membersihkan kulit mati dan enzim yang membuat kulit halus. Susu juga mengandung asam-asam amino yang membantu menjaga kelembaban kulit. Susu juga mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat toksin dari lingkungan.

Doa Setelah Minum Susu

عن ابن عباس – رضي الله عنهما – قال: دخلت مع رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أنا و خالد بن الوليد على ميمونة، فجاءتنا بإناءٍ من لبنٍ، فشرب رسول الله، وأنا على يمينه وخالد على شماله،

Dari Ibnu Abbas, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.

فقال لي: «الشربة لك فإن شئت آثرت بها خالداً»

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Jatah minum selanjutnya adalah untukmu. Jika engkau berkenan, aku akan lebih mengutamakan Khalid dari pada dirimu”.

فقلت: ما كنت أوثر على سؤرك أحداً،

Aku berkata, “Aku tidak merelakan jika jatah minumku yang berasal dari sisa minummu kurelakan untuk orang lain”

ثم قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم- : «من أطعمه الله الطعام فليقل: اللهم بارك لنا فيه، وأطعمنا خيراً منه.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang telah Allah beri kepadanya makanan maka hendaknya dia berdoa setelah selesai makan Allahumma bariklana fihi wa ath’imna khoiran minhu yang artinya Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam makanan ini dan berilah kami makanan yang lebih baik darinya (yaitu makanan surga)

ومن سقاه الله لبناً فليقل: اللهم بارك لنا فيه وزدنا منه»

Dan barang siapa yang telah Allah berikan kepadanya minuman berupa susu hendaknya berdoa setelah minum susu Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu yang artinya Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan berilah kami tambahan susu

وقال رسول الله – صلى الله عليه وسلم-: «ليس شيء يجزئ مكان الطعام والشراب غير اللبن».

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu”.

المصدر: مسند أحمد تحقيق أحمد شاكر – لصفحة أو الرقم: 3/302 إسناده صحيح وأصل القصة في الموطأ والصحيحين .
صحيح الترمذي للشيخ الألباني – لصفحة أو الرقم: 3455 حسن .

Hadits di atas diriwayatkan oleh Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih. Kisah di atas asalnya ada di Muwatha’ dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi no 3455 dan dinilai oleh al Albani sebagai hadits yang berkualitas hasan.

استحباب المضمضة بعد شرب اللبن ونحوه

Anjuran Berkumur-kumur setelah minum susu atau semisalnya

عن ابن عباس – رضي الله عنهما – ان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – شرب لبنًا فمضمض وقال: إن لـه دسمًا. [البخاري ومسلم ].

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah minum susu berkumur-kumur. Beliau lantas bersabda, “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak” (HR Bukhari dan Muslim).

قال ابن حجر في الفتح (فيه بيان العله للمضمضة من اللبن فيدل على استحبابها من كل شيء دسم) .

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari mengatakan, “Dalam hadits ini terdapat penjelasan tentang illah dari anjuran berkumur-kumur setelah minum susu yaitu mengandung lemak. Sehingga dianjurkan untuk berkumur-kumur setelah mengonsumsi segala sesuatu yang mengandung lemak”.

Sumber: Artikel www.ustadzaris.com

———-

Sumber: www.assunnah-qatar.com – Rabu,13 Maret 2013 @10:16

Print Friendly