Keluar Darah Ketika Hamil = Keguguran

Keluar Darah Ketika Hamil = Keguguran

Pertanyaan:

Asalamualaikum

Maaf saya mau tanya. Saya baru saja hamil, tapi kemarin saya baru saja mengeluarkan cairan seperti darah? Apakah saya keguguran?

Dari: Ayu

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih Ibu atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Keluarnya darah pada bulan-bulan awal (khususnya trimester awal) kehamilan belum tentu disebabkan oleh keguguran, meskipun hal ini memang harusnya meningkatkan kewaspadaan Ibu hamil untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Beberapa penyebab keluarnya darah di trimester awal kehamilan diantaranya adalah:

– Keguguran, baik yang yang belum terjadi ataupun yang sedang berlangsung.

– Kehamilan diluar rahim (ektopik)

– Penyakit trofoblastik gestasional

Keguguran yang mengancam (abortus imminens) adalah kondisi dimana peluang keguguran menjadi lebih besar, terdapat pendarahan baik spotting hingga berjumlah banyak, nyeri perut, namun leher rahim masih menutup, janin masih tampak di dalam rahim dan denyut jantung janin masih ada. Pada keguguran yang tidak terhindarkan lagi (inevitable abortion), meskipun janin masih ada dan hidup di dalam rahim, namun pendarahan terus terjadi dan leher rahim telah membuka, yang kemungkinan besar diikuti keluarnya janin beserta plasentanya. Pada keguguran lainnya, biasanya rahim telah kosong atau tidak ada denyut jantung janin yang terpantau, baik disertai keluarnya janin ataupun tidak.

Apapun penyebabnya, jika mendapati hal tersebut, kami sangat menyarankan Ibu untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat, untuk mengetahui kondisi janin dan kemungkinan hal-hal apa saja yang harus Ibu batasi untuk mempertahankan kehamilan yang sehat.

Semoga Bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.,)

.:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: [email protected] untuk menjadi sponsor.

———-

Sumber: www.konsultasisyariah.com – Minggu,23 Juni 2013

Print Friendly