Kesehatan: Testis Besar Sebelah

Rubrik Kesehatan: Testis Besar Sebelah

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Langsung saja. Saya menambahkan pertanyaan terdahulu. Saya pria berumur 21 tahun, testis kiri saya lebih besar dari yang kanan, kira-kira 2 kali lipat dari yang kanan. Kadang mengecil kalau bangun tidur. Seperti ada cairannya. Kadang terasa sakit sampai ke perut bawah. Ini terjadi sejak saya kecil.

Penyakit apa ini? Dan bagaimana pengobatannya?

Terima kasih.

Dari: Hasan

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Pembesaran pada salah satu kantung testis (skrotum), dapat disebabkan diantaranya oleh timbunan cairan (hydrocele), hernia inguinalis, kista yang berasal dari epididimis, atau varikokel, sejenis varises pada vena-vena di sekitar testis.

Kondisi-kondisi ini umumnya tidak nyeri, kecuali jika disertai adanya infeksi pada struktur di sekitarnya (misalnya infeksi pada testis, pada epididimis), adanya organ yang terpuntir (torsi), pernanahan atau abses, atau terkena benturan (trauma).

Untuk beberapa kondisi, semisal hidrokel primer, yakni hidrokel tanpa disebabkan oleh penyakit lain sebelumnya, dapat dilakukan repair atau pengeluaran cairan disertai perbaikan struktur di sekitarnya untuk mencegah kekambuhan, maupun diaspirasi -yakni cairan diambil menggunakan jarum suntik steril- dengan teknik tertentu.

Hernia, khususnya yang telah bergejala mungkin memerlukan repair secara operatif dengan pemasangan penyangga untuk memperkuat dinding perut. Kami anjurkan Saudara untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan terkait, seperti spesialis urologi, untuk mengetahui diagnosis yang lebih tepat dan perlu tidaknya diambil tindakan terkait kondisi tersebut.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan ,)

———-

Sumber: www.konsultasisyariah.com – Minggu,23 Desember 2012

Print Friendly