Jantung Bocor pada Anak

Jantung Bocor pada Anak

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Dokter, pada usia 4 bulan anak saya diperiksa ke dokter, katanya jantungnya ada kelainan. Kata dokter itu jantungnya bocor, kata dokternya harus dioperasi dan saya nanya ke dokter lain katanya ga perlu, katanya sesudah nanti dewasa akan nutup sendiri. Anaknya sekarang usianya 5 tahun, apakah ada obat atau terapi yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut ?

Dari: Jemmy

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menganugerahkan kesabaran dan kesembuhan bagi putra bapak, serta keluarga.

Kebocoran jantung (istilah umumnya), dapat bervariasi baik dari segi lokasi, besarnya, struktur organ yang terlibat, dan adanya kelainan lain yang menyertainya (bukan penyakit tunggal, melainkan salah satu dari beberapa kelainan yang kesemuanya disebut sindrom. Contoh: Sindrom down atau sindrom marfan. Setiap kelainan memiliki karakteristik dan peluang perbaikan yang berbeda di masa depan.

Misalnya:

– Defek septum ventrikel, yaitu adanya lubang antara ventrikel (bilik) kanan dan kiri jantung, sehingga darah mengalir langsung antara keduanya. Pada defek/lubang yang kecil, dapat menutup sendiri seiring perkembangan usia. Namun defek yang besar, dan menimbulkan gejala, membutuhkan penutupan melalui pembedahan.

– Defek septum atrium, yaitu adanya lubang pada sekat antara atrium (serambi) kanan dan kiri jantung, sehingga darah mengalir langsung di antara keduanya. Keluhan yang dirasakan biasanya adalah kesulitan bernafas setelah olahraga. Defek ini cenderung tidak menutup dengan sendirinya. Pada ukuran kecil, tidak diperlukan terapi apapun untuk anak. Pada ukuran defek sedang sampai menengah, diperlukan koreksi bedah, namun dapat dilakukan pada usia yang memungkinkan.

Diperlukan keterangan lebih detail mengenai diagnosis penyakit jantung anak Bapak yang sebenarnya, kemudian kondisi fisiknya, dan adanya kelainan atau penyakit lain yang menyertainya. Sejauh ini kami belum mengetahui adanya obat atau terapi yang bisa digunakan pada kasus seperti ini, jika yang dimaksudkan adalah obat untuk menutup lubang kebocoran tersebut. Namun perkembangan dunia bedah jantung dewasa ini memungkinkan alat-alat yang digunakan untuk operasi lebih canggih dan kecil, misalnya dimasukkan melalui kulit, tanpa harus dilakukan bedah langsung pada organ, sehingga risikonya lebih kecil. Walhamdulillah.

Kami anjurkan Bapak untuk senantiasa optimis dalam mengusahakan pengobatan terbaik bagi putra tercinta. Lakukan kontrol secara berkala untuk memantau keadaan jantungnya, aturlah olahraga anak dan arahkan pada jenis olahraga ringan sesuai petunjuk dokter ahli, dan ajarkan kepadanya untuk senantiasa berdoa memohon kesembuhan hanya pada Allah Ta’ala semata dan bersandar kepada-Nya saja dalam meraih segala manfaat dan menolak madharat di dunia dan akhirat, sehingga anak menjadi optimis, bersemangat, dan tidak berkecil hati denag keadaannya, serta selalu terkait dengan Rabbnya.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.,

———-

Sumber: www.konsultasisyariah.com – Senin,18 Juni 2012

Print Friendly