Hukum Menjual dan Membeli Buku-buku yang Mengajak kepada Perbuatan Sihir

Oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Abdillah Al-Imam

Soal:
Bolehkah kita menjual atau membeli buku-buku yang mengajak kepada perbuatan sihir? Bagaimana pula bila membelinya dalam rangka menyingkap rahasia-rahasia sihir dan membantah para tukang sihir?

Jawab:
Perkara ini telah dijelaskan oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Abdillah Al-Imam dalam kitab beliau Irsyadu Nazhir ila Ma’rifati ‘Alamati Sahir.

Beliau berkata:

Ketahuilah wahai kaum muslimin, sesungguhnya dari kaidah-kaidah syariat yang telah diketahui menyebutkan bahwa sesuatu yang diharamkan menggunakannya maka diharamkan pula harganya. Menggunakan buku-buku ini (buku-buku tentang sihir- ed) dan membacanya adalah perbuatan yang tidak diperbolehkan kecuali bagi orang yang ingin menyingkap rahasia-rahasia sihir dan membantah mereka.

Oleh karena ini, tidak diperbolehkan memilikinya, menjualnya, membelinya, menjadikan hadiah serta mengedarkannya. Juga tidak boleh mengambil buku-buku itu semata-mata untuk pengetahuan dan untuk ditelaah, karena buku-buku itu adalah salah satu sumber yang wajib untuk diperangi bahkan dibakar dikarenakan kandungannya yang berisi kekufuran dan kezindiqan.

Telah ada fatwa-fatwa baik zaman dahulu atau zaman sekarang mengenai hal ini. Lihat kitab syaikh Masyhur Hasan Salman (Kutub Hadzara minha ‘Ulama) dan kitab Fatawa ‘anil Kutub Limajmu’atil ‘Ulama yang disusun oleh Abdullah bin ‘Utsman Asy-Syayi’.

———-

Sumber: ulamasunnah.wordpress.com  | Selasa, 5 Pebruari 2008

Print Friendly