MENGUNGKAP KEBODOHAN DAN KEDUSTAAN ABDUL-HUSAIN ASY-SYI’I DALAM KITAB AL-MURAJA’AAT – MANIPULASI HADITS

إِنَّ مِنْكُم مَنْ يُقَاتِلُ عَلى تَأْوِيْلِ هَذَا القُرْآنِ , كَمَا قَاتَلْتُ عَلى تَنْزِيْلِهِ فَسْتَشْرَفْنَا وَفِيْنَا أَبُوْ بَكْر وَعُمَر , فَقَالَ : لا , وَلَكِنَّهُ خَاصِفُ النَّعْلِ , يَعْنِي عَلِيُّ رضي اللهُ عنه

“Sesungguhnya di antara kamu ada seorang yang berperang atas penafsiran Al-Qur’an sebagaimana aku berperang atas penurunan Al-Qur’an”. Maka kami mengangkat pandangan untuk melihat siapa orang yang dimaksud. Dan diantara kami ada Abu Bakar dan ‘Umar. Maka beliau berkata : “Bukan, akan tetapi dia adalah pengesol sandal, ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ‘anhu”.

Hadits di atas diriwayatkan oleh An-Nasa’i dalam Khashaaishul-‘Ali (halaman 29), Ibnu Hibban (2207), Al-Hakim (3/122-123), Ahmad (3/33,82), Abu Ya’la (1/303-304), Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah (1/67), dan Ibnu Asakir (12/179/2-180/2) dari beberapa jalan dari Isma’il bin Rajaa’ Az-Zubaidi dari ayahnya dari Abi Sa’id Al-Khudry. Hadits diatas adalah shahih sebagaimana penjelasan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Silsilah Ash-Shahiihah nomor 2487.

Catatan Pertama : Kebodohan Abdul-Husain terhadap Kitab Hadits

Abdul Husain Asy-Syi’i dalam Al-Muraja’aat (halaman 180) telah menunjukkan kebodohannya di hadapan ilmu dalam pentakhrijan hadits di atas, dimana ia berkata setelah menyandarkan hadits tersebut kepada Al-Hakim dan Ahmad :

و أخرجه البيهقي في شعب الإيمان ” , و سعيد بن منصور في ” سننه ” , و أبو نعيم في ” حليته ” , و أبو يعلى في ” السنن ” , 2585 في ص 155 من الجزء 6 من ( الكنز )

”Dan hadits ini juga dikeluarkan oleh Al-Baihaqi di dalam Syu’abul-Iman, Sai’d bin Manshur di dalam As-Sunan – nya, Abu Nu’aim di dalam Al-Hilyah – nya, dan Abu Ya’la di dalam As-Sunan, 2585 halaman 155 dari juz 6 dalam kitab Al-Kanz”.

Begitulah perkataannya.

Perkataan di atas menunjukkan kebodohannya yang sangat nyata dan sedikitnya penelitian terhadap kitab-kitab hadits. Hal itu disebabkan dalam kitab Al-Kanz (yang ia isyaratkan di atas) terdapat kode (حم ع هب , ك حل ص) dimana kode (هب ص) dalam kitab tersebut telah terjadi pen-tashhif-an (perubahan). Kode tersebut yang benar adalah (حب , ض) sebagaimana terdapat dalam Al-Jami’ Al-Kabir yang disusun oleh As-Suyuthi (1/223/2), sehingga kode keseluruhan yang benar adalah (حم ع حب , ك حل ض). Perlu diketahui bahwa kode-kode huruf tadi merupakan kode-kode ulama beserta kitab haditsnya.

Kesalahan yang ia lakukan contohnya adalah : Kode (ص) yang merupakan kode Sa’id bin Manshur (sebagaimana yang ia sebutkan) seharusnya berkode (ض) untuk Adl-Dliyaa’ Al-Maqdisi dengan kitab Al-Mukhtarah-nya. Yang lainnya adalah kesalahannya ketika menafsirkan kode (ع) dengan Abu Ya’la di dalam As-Sunan. Padahal yang benar adalah Al-Musnad. Abu Ya’la tidaklah mempunyai kitab As-Sunan.

Catatan Kedua : Kedustaannya dalam Penulisan Hadits

Orang Syi’ah ini telah menyebutkan hadits dalam catatan kaki kitabnya (Al-Muraja’aat halaman 166) dengan lafadh كَمَا قُوْتِلْتُمْ عَلى تَنْزِيْلِهِ (“sebagaimana kamu diperangi dalam penurunan Al-Qur’an”). Ia mengganti lafadh قَاتَلْتُ (“aku berperang”) dengan قُوْتِلْتُمْ (“kamu diperangi”). Hal ini ia lakukan sebagai bentuk penghinaan dan celaannya terhadap para shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam. Orang Syi’ah ini ingin mengesankan kepada para pembaca bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam diwaktu hidup beliau telah mengisyaratkan akan diperanginya para shahabat (akan kekafiran mereka [?]) kelak oleh ‘Ali bin Abi Thalib. Sungguh, ini adalah kedustaan yang telah biasa orang Syi’ah lakukan. Dan salah satu contohnya adalah Abdul-Husain Asy-Syi’i ini !! Kebencian terhadap para shahabat adalah satu syi’ar yang dibawa Syi’ah untuk memerangi ’aqidah Ahlus-Sunnah.

Abu Al-Jauzaa’ 1427

Selengkapnya,…. silakan baca Silsilah Ash-Shahiihah nomor 2487 oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah.


———-
Sumber: Abul Jauza – abul-jauzaa.blogspot.co.id – Kamis,17 Juli 2008/13 Rajab 1429H

Print Friendly