SESEORANG BISA MENCELAKAKAN DIRINYA SENDIRI TANPA SADAR

SESEORANG BISA MENCELAKAKAN DIRINYA SENDIRI TANPA SADAR

Asy-Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah berkata:

هل ﺗﻌﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻗﺪ ﻳﺤﺴﺪ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﺃﻫﻠﻪ ﺯﻭﺟﻪ ﻭﻭﻟﺪﻩ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺒﺮﻙ؟!
ﺃﺧﺮﺝ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ‏ج ٤ ص٢١٥ ﻭﺃﺣﻤﺪ ‏ج ٣ ص٤٤٧ ﻭﺣﺴﻨﻪ ﻟﻐﻴﺮﻩ ﻓﻲ ﺳﻠﺴﻠﺔ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺗﺤﺖ ﺭﻗﻢ ‏٢٥٧٢ ﻋﻦ ﻋﺒﺪﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﺎﻣﺮ، ﻭﺫﻛﺮ ﻗﺼﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: “ﺇﺫﺍ ﺭﺃﻯ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻣﻦ ﺃﺧﻴﻪ ﻭﻣﻦ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻣﻦ ﻣﺎﻟﻪ ﻣﺎ ﻳﻌﺠﺒﻪ ﻓﻠﻴﺒﺮﻛﻪ، ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺣﻖ.

“Tahukah Anda bahwa seseorang bisa saja hasad terhadap dirinya sendiri, keluarganya, istrinya, anaknya, dan hartanya, jika dia tidak mendoakan keberkahan.

Al-Hakim meriwayatkan dalam al-Mustadrak jilid 4 hlm. 215 dan Ahmad dalam al-Musnad jilid 3 hlm. 448 dan al-Albany menilainya hasan lighairih dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 2572 dari Abdullah bin Amir, dalam sebuah kisah dan padanya disebutkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi was sallam:

ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻯ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻣِﻦْ ﺃَﺧِﻴﻪِ، ﺃَﻭْ ﻣِﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻪِ، ﺃَﻭْ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻪِ ﻣَﺎ ﻳُﻌْﺠِﺒُﻪُ، ﻓَﻠْﻴُﺒَﺮِّﻛْﻪُ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﻌَﻴْﻦَ ﺣَﻖٌّ.

“Jika salah seorang dari kalian ada yang melihat dari saudaranya, atau dari dirinya sendiri, atau dari hartanya, sesuatu yang membuatnya takjub, maka hendaklah dia mendoakan keberkahan baginya, karena sesungguhnya pandangan mata (pengaruhnya yang bisa menimbulkan keburukan dengan seizin Allah -pent) itu benar.”

Sumber: https://twitter.com/momalbaz/status/751516311394455552

———-
Sumber: Forum Salafy – www.forumsalafy.net – Senin,11 Juli 2016/5 Syawal 1437H

Print Friendly