RAGU DENGAN QODHO PUASA RAMADHAN

RAGU DENGAN QODHO PUASA RAMADHAN

Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله

Pertanyaan: Ibu saya ragu apakah dia sudah mengqodho puasanya ataukah tidak, dan dia juga ragu berapa puasa yang harus dia qodho. Apa yang harus dia lakukan?

Jawaban:

Dilihat keadaan ibu anda, apakah dia mengalami sedikit gangguan jiwa yang menyebabkan keraguan dan pikiran yang kurang baik. Kalau demikian tidak ada dosa baginya.

Adapun kalau dia baik-baik saja dan pikirannya masih ada, dan dia ragu (terhadap qodho puasanya), maka ini yang menjadi sebuah permasalahan.
Karena para ulama mengatakan bahwa: “Keraguan yang muncul setelah ibadah tersebut dilakukan maka tidak memiliki pengaruh.”

Kalau dia memang tidak ragu akan puasanya pada saat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, tetapi keraguan itu muncul pada saat puasa Ramadhan telah selesai dilakukan, maka ini tidak mengapa.
Karena keraguan setelah ibadah tersebut selesai dilakukan tidaklah membahayakan.

Sumber: http://alfawzan.af.org.sa/node/14794

* Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

*************

الشك في صيام رمضان

السؤال:
أمي شاكت في قضاء رمضان هل هي صامته أو لا وهي ناسية كم عليها قضاء فماذا تفعل؟
الجواب: أنظر إلى حالتها هل هي مخبطة صار عندها شكوك الآن وعدم ضبط للفكر ما عليها شيء، أما إذا كانت لا صاحية وفكرها موجود وشكت فهذه مشكلة، لأنهم يقولون الشك بعد العبادة ما يؤثر، إذا كانت ما شكت وقت رمضان أنها ما صامت، إنما شكت بعد خروج رمضان هذا ما يضر، الشك بعد العبادة ما يضر

Download
Judul: RAGU DENGAN QODHO PUASA RAMADHAN Pembicara: Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله Tanggal: 28 Sha’aban 1436


———-
Sumber: Forum Salafy – www.forumsalafy.net – Selasa,16 Juni 2015/28 Sya’ban 1436H

Print Friendly