Cantik di Malam Hari

Setiap wanita muslimah tentu ingin selalu terlihat cantik dan menarik. Ingin berpenampilan sempurna untuk kebahagiaan sang suami. Suasana akan berbeda manakala penampilan istri lain dari biasanya. Rumah tangga akan lebih harmonis dan suamipun akan semakin sayang serta bertambah cintanya.

Malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk merawat kulit. Diwaktu ini kulit berfungsi untuk ”memperbaiki” dan ”membangun kembali” sel-selnya yang telah rusak. Saat itupula, kulit tak terkena sinar matahari langsung, polusi udarapun sedikit berkurang.

Mental dan fikiran yang tenang turut mempercepat perbaikan kondisi tubuh dan kulit. Istirahat malam dapat mengendurkan urat-urat saraf yang lelah akibat stres.Ada beberapa tips untuk tetap tampil cantik di malam hari:

1. Bersihkan Jerawat

Sebagai pencegahan, selalu bersihkan wajah sebelum tidur. Jika berjerawat oleskan obat jerawat yang mengandung antibacterial dan sebum controller pada bagian kulit yang terinfeksi. Jangan pernah memencet jerawat karena akan mengakibatkan kulit lecet dan pori-pori kulit bertambah besar

2.Iritasi

Mungkin anda pernah mengalami kulit terasa panas, kemerahan, dan iritasi setelah beraktifitas disiang hari.Untuk menghindarinya, gunakan produk dengan kandungan zinc oksida yang dapat menyamarkan noda kemerahan atau iritasi pada kulit. Kandungan ini juga dapat mendinginkan kulit.

3. Bagian Bawah Mata

Sangat menyebalkan apabila kulit bagian bawah mata terasa amat kering dan berwarna kehitaman. Untuk menghilangkannya,gunakan krim khusus mata yang mengandung unsur retinal(vitamin A yang membantu memperbaiki dan meremajakan sel-sel kulit), panthenol, beeswax, dan soybean oil. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi air putih dan istirahatlah yang cukup.

4. Siku Kasar

Bila siku terasa kering coba oleskan body butter, lotion yang mengandung olive oil dan jojoba oil sebelum tidur. Lotion oil ini juga dapat digunakan pada bagian tengkuk.

5. Kelopak Mata

Mata adalah jendela hati sekaligus pusat penampilan wajah. Sayangnya, daerah seputar mata terutama pada bagian kelopak mata sangat rentan terhadap timbulnya kerut.Sebagai pencegahan, pilihlah krim khusus mata yang mengandung vitamin C karena dapat merangsang pertumbuhan kolagen yang sangat berguna untuk mencegah kerutan dan penuaan dini.

6. Kerut Wajah

Krim dengan kandungan vitamin A atau retinal dapat membantu menyamarkan kerut pada wajah. Kedua zat ini membantu mempercepat regerenasi dan peremajaan kulit. Hanya saja dapat menyebabkan kulit sensitif terhadap sinar matahari. Penggunaannya dianjurkan pada malam hari. Apabila kerutan di wajah sudah sangat mengganggu, sebaiknya anda konsultasikan kepada dokter kulit agar mendapat perawatan lebih intensif.

7. Tangan Kasar

Bila kulit tangan mengalami kekeringan yang parah, cobalah ganti krim tangan anda dengan krim khusus untuk kaki. Pilih krim yang mengandung avocado oil dan urea. Kandungan urea ini bersifat melunakkan dan dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Kulit tangan akan terasa lebih lembut, meski telah seharian digunakan untuk beraktifitas.

8.Kaki Pecah-pecah

Jangan berkecil hati melihat kaki anda pecah-pecah. Lakukan segera perawatan untuk kaki. Sebelum tidur, rendam kaki dalam air hangat dengan campuran gehwol cream footh bath yang mengandung lavender dan spike.Rendaman ini membuat kaki terasa lembut dan lembab, juga bersih hingga ke pori-pori. Keringkan dengan handuk, lalu oleskan krim khusus kaki yang mengandung panthenol yang merupakan provitamin B5.

9. Kaki Kapalan

Kaki yang kapalan jangan dianggap enteng. Bila anda merawatnya dengan cara yang tepat, problem ini dapat diatasi.Rendam kaki dalam air hangat, yang telah dicampur dengan produk perendam yang mengandung thyme oil. Campuran ini efektif melembutkan dan menghaluskan kulit kaki yang kasar dan kapalan. Cobalah gehwol foot bath. Lalu olesi telapak kaki anda dengan krim yang mengandung lanolin dan provitamin D.Lanolin memiliki kadar air yang tinggi sehingga membantu melembutkan kaki yang sangat kering maupun kapalan.

Diketik ulang dari: Majalah wanita Nabila, edisi perdana Mei tahun 2004.

———-
Sumber: JILBAB.OR.ID – www.jilbab.or.id – Minggu, 3 Oktober 2004/18 Sya’ban 1425H

Print Friendly