Amalan Nabi ketika Masuk-Keluar Rumah

Imam Nawawi mengatakan, “Disunnahkan melafalkan ‘bismillaah’ serta memperbanyak dzikrullah dan mengucapkan salam.”

Sunnah-sunnah lain yang ada pada perkara ini:

1. Dzikrullah, atau menyebut nama Allah; yakni ketika masuk ke dalam rumah, berdasarkan hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:

“Jika seseorang masuk ke rumahnya lantas berdzikir kepada Allah ketika masuknya dan ketika ia makan, maka setan berseru (dengan penuh penyesalan kepada teman-temannya), ‘Tidak ada tempat bermalam dan tempat makan bagi kalian’.” (HR. Muslim).

2. Bersiwak, atas dasar hadits:

“Apabila Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumahnya, beliau memulainya dengan bersiwak.” (HR. Muslim).

3. Mengucapkan salam

Berdasarkan firman Allah Ta’ala, “Maka apabila kalian memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kalian memberi salam kepada (penghuninya; yang berarti memberi salam) diri kalian sendiri, dengan salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkati lagi baik.” (An-Nur (24): 61).

4. Saat keluar rumah, maka doa yang diucapkan:

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaah, wa laa haula wa laa quwwata illa billaah” (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).

Pada riwayat lain disebutkan redaksi, “Cukup bagimu (dengan bekal doa ini). Kamu telah membuat perisai (atas dirimu), dan kamu telah mendapatkan petunjuk. Dengan doa itu kamu terselamatkan (dari gangguan) setan.” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Buah yang dapat dipetik dari pengamalan sunnah ketika keluar rumah ini:

  1. Seorang hamba mendapatkan kecukupan dari semua urusan dunia dan akhirat yang ia harapkan.
  2. Seorang hamba memperoleh perisai yang melindunginya dari segala kejahatan dan hal yang tidak disukaianya, baik berasal dari jin ataupun manusia.
  3. Seorang hamba menemukan sinar hidayah yang merupakan lawan dari kesesatan. Allah menunjukinya dalam seluruh urusannya, baik agama maupun dunianya.

 

Disadur dari buku “24 Jam Amalan Nabi Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam” oleh Khalid Al-Husainan terbitan As-Salam Publishing.

———-
Sumber: JILBAB.OR.ID – www.jilbab.or.id – Minggu,22 Juni 2014/23 Sya’ban 1435H

Print Friendly