Mengatasi Anak yang Susah Makan Buah dan Sayur

?u, Yanti nggak mau makan sayur ini.?engek seorang gadis cilik.Hmm sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau anak-anak paling sebel disuruh makan buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Sebagian besar malah nggak suka makan sayur. Padahal sebagaimana telah kita ketahui bahwa kandungan gizi dalam buah maupun sayur sangat diperlukan  untuk pertumbuhan mereka. Kalau sudah begini
seorang ibu harus inovatif dan kreatif dalam mengolah buah dan sayur agar
anak-anak mau mengkonsumsinya.

Survei terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa 200.000 anak di Inggris dan Wales tidak makan buah dan sayur selama 7 hari. Anak-anak yang makan hanya mendapatkan rata-rata 13 porsi seminggu. Hal ini kurang 22 atau 35 porsi yang disarankan. Berikut panduan yang bisa dilakukan para ibu agar anak-anak menyukai buah dan sayur :

1. Anak-anak selalu mencontoh segala perilaku orang tuanya, oleh karena itu beri contoh kepada anak-anak dengan cara makan lebih banyak buah dan sayur.

2. Di sela-sela waktu makan bersama ataupun ketika menyuapi mereka sediakanlah buah-buahan sebagai camilan guna membiasakan mereka untuk mengkonsumsinya.

3. Untuk ibu-ibu yang senang memasak buatlah sup dengan aneka kreasi dan hidangkan secara teratur kepada anak-anak.

4. Sesekali waktu ajaklah anak-anak untuk masak bersama. Kemungkinan anak  kita akan lebih suka makan makanan yang dimasaknya sendiri.

5. Sajikan buah dan sayuran dengan cara yang menarik agar anak-anak lebih berminat untuk memakannya.

Nah, para ibu nggak ada salahnya kalau beberapa panduan di atas dipraktekkan sekarang,  tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Bagi akhwat yang masih single silahkan dicatat buat persiapan nanti kalau udah punya anak, Ok!

 

———-
Sumber: JILBAB.OR.ID – www.jilbab.or.id – Sabtu,12 Juli 2003/12 Jumadil Awal 1424H

Print Friendly