Apa Hukum Doa Qunut Yang Dilakukan Secara Terus Menerus Di Bulan Ramadhan?

APA HUKUM DOA QUNUT YANG DILAKUKKAN SECARA TERUS MENERUS DI BULAN RAMADHAN?

Pertanyaan 1:  Apakah do’a qunut di bulan Ramadhan terdapat pemisah yakni sesekali atau dua kali pada satu malam di bulan Ramadhan sang imam tidak membaca do’a qunut, bisa di sepuluh hari pertama, sepuluh hari kedua, atau di sepuluh hari terakhir. Dan apakah itu sesuai dengan waktu Rasulullah shallallahu ‘alaihi was salam dan para shahabatnya atau apa yang terjadi di Madinah, di Makkah induk masjid-masjid, dan demikian di Riyadh, bila itu benar dilakukan sesekali atau dua kali di bulan Ramadhan. Kami mohon penjelasannya kepada umat di setiap Jami’ dan di setiap masjid baik yang besar maupun yang kecil?

Jawaban 1:

Do’a qunut ketika witir hukumnya mustahab (dianjurkan) berdasarkan hadits al-Hasan bin ‘Ali radhiyallahu ‘anhuma, bahwa beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi was salam mengajariku beberapa kalimat yang aku ucapkan ketika qunut witir:

اللهم اهدني فيمن هديت وعافني فيمن عافيت وتولني فيمن توليت وبارك لي فيما أعطيت وقني شر ما قضيت فإنك تقضي ولا يقضى عليك إنه لا يذل من واليت تباركت ربنا وتعاليت

Hadits ini diriwayatkan oleh ahlu sunan. Seandainya seorang muslim terkadang meninggalkan do’a ini dan terkadang membacanya, maka tidak mengapa, sama saja dilakukan di bulan Ramadhan atau di selain bulan Ramadhan.”

Dan Allah lah yang memberi taufik. Shalawat dan salam senantiasa terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, dan para shahabatnya.

Lajnah Daimah lilbuhuts al-ilmiyah wal ifta’

Sumber:  http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=29420

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

********************************

ما حكم المداومة على دعاء القنوت فى رمضان؟

س1 : هل دعاء القنوت في رمضان فيه فصل يعني ما +يدعي الإمام في ليلة واحدة من رمضان مرة أو مرتين +إما في العشر الأولى +أم الثانية أم الأخيرة وهل هو على وقت الرسول صلى الله عليه وسلم وأصحابه أم ماذا يحصل في المدينة وفي مكة عاصمة المساجد وكذلك الرياض ، إن كان صحيحا أنه يفعل في رمضان مرة أو مرتين ، فأرجو التوضيح للأمة في كل جامع وفي كل مسجد سواء كان كبيرا أو صغيرا ؟

ج1 : دعاء القنوت في الوتر مستحب لحديث الحسن بن علي رضي الله عنهما قال :  علمني رسول الله صلى الله عليه وسلم كلمات أقولهن في قنوت الوتر : اللهم اهدني فيمن هديت وعافني فيمن عافيت وتولني فيمن توليت وبارك لي فيما أعطيت وقني شر ما قضيت فإنك تقضي ولا يقضى عليك إنه لا يذل من واليت تباركت ربنا وتعاليت  رواه أهل السنن ، ولو ترك المسلم هذا الدعاء أحيانا وفعله أحيانا فلا حرج في ذلك سواء كان في رمضان أو في غيره .

وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم .

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء


———-
Sumber: Forum Salafy – www.forumsalafy.net – Kamis, 9 Juli 2015/22 Ramadhan 1436H

Print Friendly