Memutus Surat Cinta Via Internet

Bismillah…. Ada yang bertanya pada saya bagaimana menghentikan godaan kiriman email dari ikhwan?? Caranya sangat mudah… Bila tidak ingin tenggelam dalam syahwat yang berkepanjangan tanpa solusi pernikahan solusinya adalah tutup account email anda atau FB anda. Agar anda tidak pusing bagaimana membalasnya agar si “dia” berhenti menghubungi anda. Ganti dengan email baru atau FB anda yang baru dengan demikian terputuslah mata rantai kemaksiatan dan banyak bertaubatlah kepadaNya serta memohon agar Allah mengganti dengan yang lebih baik darinya. Hendaklah anda yakin dengan janjiNya bahwasanya Allah akan menggantikan anda dengan sesuatu yang lebih baik jikalau anda meninggalkannya karena Allah. Simaklah kabar gembira ini dari Nabi kita shalallahu alaihi wassalam:

“Tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, kecuali Allah akan mengganti bagimu dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang kamu tinggalkan.”

(hadits riwayat Ahmad. Syaikh al-Albani menshahihkan hadits ini dalam silsilah ash-shahihah beliau dengan sanad shahih 2/734) Anda telah mendapatkan tempat yang sangat tinggi di hadapan Allah azza wajalla bila berhasil keluar dari ujian cinta yang berujung maksiat ini yaitu Barangsiapa yang takut dengan kedudukan Rabbnya lalu meninggalkan perbuatan dosa dan maksiat maka baginya dua surga. Lihatlah firmanNya:

“Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” (Ar-Rahman :46)

Imam Bukhari menafsirkan ayat “ Maqama rabbihi” yaitu seorang hamba yang berniat (berkeinginan kuat) ingin mengerjakan maksiat tiba-tiba dia mengingat Allah kemudian meninggalkan kemaksiatan tersebut yaitu tidak jadi mengerjakannya. (Fathul Bari 9/604Hal senada juga di jelaskan oleh Imam Ath-Thabari dalam kitab tafsirnya.(lihat Tafsir Thabari hal 533). Ada sebuah kisah menarik yang layak untuk kita simak tentang hal diatas yaitu disebutkan oleh Al-Hasan dari Umar radhiyallahu anhu dia berkata, “Ada seorang pemuda pada zaman Umar bin khaththab yang senantiasa datang ke masjid dan melakukan ibadah. Suatu kali hatinya tertambat kepada seorang gadis, lalu dia menyatakan isi hatinya kepada gadis itu, namun kemudian dia sadar dan ingat akan dirinya. Lalu ia menghela nafas yang dalam dan pingsan. Pamannya yang mengetahui keadaannya membawanya pulang ke rumahnya. Setelah sadar kembali, ia berkata :”Wahai paman, temuilah Umar dan sampaikan salamku kepadanya. Juga tanyakan kepadanya, “Apakah balasan orang yang takut saat bertemu Rabb-Nya?’” maka Umar menyampaikan jawabannya, dan setelah itu dia meninggal dunia. Umar berkata,”Kamu mendapatkan dua surga” *(Taman Orang-orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu, hal :410) Jangan biarkan hati kita yang lemah ini semakin lemah diperdayai dengan tipu daya setan. Wahai ukhti muslimah… Jagalah muruah (kehormatan) kita yang dengan demikian maka Allah akan menjaga kita dan membimbing kita pada jalan yang di ridhaiNya. Kobaran api cinta itu bisa padam dengan berlari padaNya… Raihlah kitabNya banyaklah tenggelam tilawah dihadapan firmanNya dan menangislah memohon pertolonganNya agar Allah menghapuskan rasa cinta itu dari hati anda. Banyaklah bergaul dengan kawan-kawan yang shalihah janganlah anda sendirian tanpa teman karena akan memperburuk situasi hati anda. Dekatlah dengan orang-orang yang anda cintai seperti ayah dan ibu anda atau kakak dan adik anda. Perlu waktu yang cukup lama untuk mengobati “rasa cinta yang belum halal itu”perlu perjuangan keras dan kesungguhan hati anda sehingga Allah akan menurunkan pertolonganNya pada anda. Dan ingat… Ikhwan yang baik dan shalih itu hanya akan datang kepada kedua ortu anda bukan via email yang berkepanjangan tanpa ada akhirnya… Ia tidak akan sabar untuk meminang anda… Kemudian segera menikahi anda…. Karena karakter fitrahnya laki-laki jika dia suka maka ia ingin segera memilikinya bukan mengulur-ngulur waktu mempermainkan hati anda. Jangan mau dipermainkan orang yang tidak bertanggung jawab di internet… Jangan beri AKSI sehingga tidak terjadi REAKSI, karena dunia maya sangat riskan dan berbahaya bila kita tanggapi. Kejahatan syahwat hanya terjadi bila anda menanggapi… Waspada dan hati2. Bila mengancam kehormatan anda deactivekan Fb anda SEGERA!! Semoga Allah melindungi kita dari kejahatan makhlukNya. Aamiin. Artikel oleh Ummu Raihanah, Sidney ini telah di muroja’ah oleh Ustadz Kholid Syamhudi LC

———-
Sumber: JILBAB.OR.ID – www.jilbab.or.id – Jumat,23 Mei 2014/23 Rajab 1435H

Print Friendly