Pembagian Warisan Ayah Saat Ibu Meninggal

Pembagian Warisan Ayah Saat Ibu Meninggal

Tanya:
Ibunda sy beberapa bulan yg lalu dipanggil oleh Allah SWT setelah dicoba olehNya dengan penyakit selama lebih kurang 6 bulan. Maninggalkan seorang suami (ayah kami) dan kami anak2nya ada 5 bersaudara, satu diantaranya perempuan, semuanya alhamdulillah sudah mandiri dan berkeluarga. Setelah lewat sebulan ibunda wafat, ayahanda sy menikah lagi dengan seorang janda beranak tiga (semoga Allah memberkahi mrk). selama bersama almarhumah ibunda, ayah telah dikarunia harta yg lumayan banyak. Cuman ayah yg bekerja memang sementara ibu hanya berperan sebagai IRT. Pertanyaan saya, apakah setelah wafatnya ibunda sy, harta milik org tua sy tersebut sdh harus dibagikan sesuai dengan ketentuan faraid, atau tidak bisa dibagikan selama ayah sy masih hidup?
Erza Chaldun [anaxaiak@hotmail.com]

Jawab:
Harta yang boleh dibagikan hanyalah harta yang murni milik ibu. Adapun jika ibu hanya berperan sebagai ibu rumah tangga dan tidak mempunyai penghasilan sehingga tidak mempunyai harta, maka tidak ada harta yang harus dibagikan.
Adapun harta ayah yang merupakan hasil pekerjaannya, maka dia nanti dibagikan setelah ayah meninggal. Dimana pembagiannya akan dibagi bersama istri keduanya beserta semua anak-anaknya (dari istri pertama). Adapun anak tirinya maka tidak mendapat warisan, karena bukan darah dagingnya. Wallahu a’lam.

Share and Enjoy:


———-
Sumber: Al-Atsariyah – www.al-atsariyyah.com – Jumat,10 Juni 2011/8 Rajab 1432H

Print Friendly