Masa Ideal untuk Menyusui secara Alami

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:


(وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ) [البقرة: 233].

”Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (QS. Al-Baqarah: 233)

Penjelasan Ayat:

Ayat yang mulia ini menegaskan bahwa penyusuan yang sempurna adalah dua tahun. Lalu apa yang ditemukan oleh para ilmuwan seputar waktu/masa persusuan ini?

Para ilmuwan baru-baru ini mendapati bahwa gizi yang sempurna untuk bayi ada pada susu Ibu (ASI), dan bahwasanya pemberian gizi ini tidak akan sempurna kecuali jika seorang Ibu menyusui anaknya selama dua tahun penuh. Seluruh dokter menekankan bahwa ASI benar-benar steril dari bakteri, dan bahwasanya ia adalah susu yang paling baik jika dibandingkan dengan susu formula.

Para ilmuwan telah memperhatikan bahwa bayi-bayi yang mengkonsumsi susu formula dengan botol kebayakan dari mereka rentan terkena penyakit sekalipun botolnya steril.

Disebutkan dalam hasil konferensi pada dokter bahwa masa yang ideal untuk menyusui adalah dua tahun, karena seorang bayi pada masa dua tahun ini sangat membutuhkan antibodi (kekebalan) bagi perkembangan sistem imun mereka. Dan antibodi ini tidak didapatkan kecuali pada ASI.

Sisi Keajaiban

Dan demikianlah para Ilmuwan menemukan bahwa ASI mengandung anti bodi yang bisa melawan bakter dan virus. Al-Qur’an telah mengabarkan kepada kita tentang waktu yang tepat secara lansgung yaitu dua tahun sempurna.

(Sumber: Diterjemahkah dari http://www.kaheel7.com dan diposting oleh Abu Yusuf Sujono)

 

———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Kamis,29 Maret 2012/6 Jumadil Awal 1433H

Print Friendly