Obati Dirimu Dengan Kurma

Kurma terhitung sebagai “kamus/ensikopedi” gizi yang terintegrasi yang Allah ciptakan untuk kita. Mari kita cermati dan renungkan manfaat-manfaat dari buah yang indah ini sebagai sebuah sumber gizi, penyembuhan dan obat.

Pertanyaan yang akan kami ajukan di dalam artikel ini:Mengapa Nabi yang mulia shallallahu ‘alaihi wasallam memperbanyak berbuka puasa pada bulan Ramadhan dengan buah kurma? Dan dikarenakan semua perbuatan yang dilakukan oleh Nabi yang penyayang shallallahu ‘alaihi wasallam di dalamnya ada hikmah yang agung, maka pasti ada hubungan antara puasa dengan buah kurma dari satu sisi, dan dari sisi lain ada hubungan antara kurma dengan penyembuhan dari beberapa macam penyakit, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam terbiasa memakan kurma di sepanjang tahun (tidak hanya bulan Ramadhan, ed).

Oleh karena itu kita akan melihat manfaat-manfaat besar dari mengkonsumsi kurma setiap hari, terutama pada bulan Ramadhan yang penuh berkah, yang kita memohon kepada Allah untuk menerima dari kita semua amalan puasanya, dan menyelamatkan kira dari api neraka-Nya. Berikut kami ketengahkan untuk anda semua beberapa penyakit yang disembuhkan oleh kurma.

Kurma Obat Keracunan

Sesungguhnya memakan sedikit kurma setiap hari akan membantu tubuh anda agar terbebas dari sebagian racun yang tertimbun di dalam sel-sel, seperti logam berat seperti timbal misalnya. Dan racun-racun ini telah meningkat jumlahnya di zaman kita dikarenakan tercemarnya air, udara dan makanan yang kita konsumsi. Dan mungkin di sana ada manfaat besar dari kurma dalam pengobatan terhadap keracunan timbal, yang mana udara yang kita hirup pada hari ini telah terkontaminasi dengan timbal, disebabkan pelepasan sejumlah oksida timah dari knalpot mobil dan cerobong-cerobong asap pabrik.

Kurma Mengobati Gangguan Usus

Kurma mengobati gangguan usus dan membantu usus untuk melaksanakan fungsinya secara efektif. Sebagaimana ia juga membantu pembentukan koloni bakteri “baik” dalam usus. Oleh karena itu kurma membantu menyembuhkan penyakit sembelit dengan baik, menyusutkan otot-otot usus dan merangsangnya dengan serat-serat yang dikandung olehnya (kurma). Dan bisa juga mengambil manfaat lebih jauh lagi dari minuman kurma untuk mengobati sembelit, yaitu dengan merendam beberapa butir biji kurma pada malam hari dan mengkonsumsinya pada pagi harinya sebagai obat pencahar.

Kurma Mengobati Gangguan Seksual

Bisa juga menggunakan minuman kurma untuk mengobati lemah jantung, sebagaimana bisa juga menggunakannya untuk mengobati disfungsi ereksi (lemah syahwat). Dan jika kurma dicampur dengan susu dan madu, maka akan membentuk minuman yang efektif untuk pengobatan gangguan seksual pada kedua pasangan (suami dan isteri, ed).

Tanggal Meningkatkan Tingkat Energi

Minuman dari kurma yang direndam dengan air memperkuat tubuh secara umum dan meningkatkan kadar energi di dalamnya (tubuh). Dan juga dapat dikonsumsi oleh orang-orang lanjut usia untuk meningkatkan kekuatan mereka dan membebaskan mereka dari racun-racun yang tertimbun di dalam sel-sel tubuh sepanjang usia mereka.

Kurma Mengobati Gangguan Mental

Sesungguhnya terkandungnya beberapa macam jenis logam, mineral dan vitamin di dalam kurma akan mempengaruhi kerja otak, dan menutup kekurangan nutrisi otak yang dikurangi oleh tubuh, dan ini menghasilkan stabilitas psikologis pada manusia. Ini berarti bahwa konsumsi kurma setiap hari secara teratur akan mempengaruhi kondisi mental (kejiwaan) dan menjadikannya lebih stabil.

Kurma Mengobati Kelebihan Berat Badan

Sesungguhnya terkandungnya sekumpulan unsur nutrisi di dalam kurma menjadikan kurma sebagai nutrisi yang melawan kelaparan! Dan jika kita mengetahui bahwa sebab utama obesitas (kegemukan) adalah rasa lapar yang terus menerus, dan nafsu makan. Dan akibatnya terjadi konsumsi lemak dan gula yang lebih banyak saat makan. Maka pengobatan dengan mengkonsumsi beberapa butir kurma ketika lapar akan membantu untuk merasa kenyang dan perut terisi. Kurma-kurma ini akan menyuplai zat gula yang dibutuhkan untuk tubuh, dan mengatur gerakan usus. Dan tentunya akan mengurangi rasa lapar dalam jumlah besar. Dan hasilnya adalah mengurangi konsumsi makanan. Dan dari sinilah nampak dengan jelas petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika beliau bersabda:

(لا يجوع أهل بيت عندهم التمر) [رواه مسلم].

” Tidak merasa lapar penghuni rumah yang memiliki tanggal kurma. [Diriwayatkan oleh Muslim].

Bersambung, Insyaa Allah….

(Sumber: Diterjemahkan dari التمر يعالج اضطرابات الكبد karya ‘Abdu ad-Daim al-Kaheel di http://www.kaheel7.com/ar/index.php/2010-02-02-22-31-09/83-2010-02-26-13-57-04. Diposting oleh Abu Yusuf Sujono)

———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Jumat,28 September 2012/12 Dzulkaidah 1433H

Print Friendly