Apakah Salafiyah Sebuah Kelompok (Firqoh)

Pertanyaan:

“Apakah salafiyah itu sebuah golongan di antara golongan-golongan yang ada? dan apakah bernisbat kepadanya adalah sesuatu yang tercela?”

Jawaban:

“As-Salafiyah adalah al-Firqah an-Najiyah (kelompok yang selamat), mereka itu adalah Ahlus Sunnah wal Jamaah, yang bukan suatu golongan tertentu di antara partai golongan-golongan yang ada yang bernama ahzab, namun mereka itu adalah sebuah jamaah yang berjalan di atas sunnah dan agama. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لاَ تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِيْنَ لاَ يَضُرُّهُمْ مَنْ يَخْذُلُهُمْ وَلاَ مَنْ خَالَفَهُمْ 

“Akan terus ada sekelompok dari umatku berada di atas kebenaran dan terus eksis, di mana tidaklah membahayakan mereka orang-orang yang tidak peduli pada mereka dan tidak pula orang-orang yang menentang mereka.” (HR. al-Bukhari).

سَتَفْتَرِقُ هذِهِ اْلأُمَّةُ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً كُلُّهَا فِي النَّارِ إِلاَّ وَاحِدَةً، قِيْلَ: مَنْ هِيَ يَا رَسُوْلُ اللهِ؟ قَالَ: مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِيْ. 

“Akan terpecah umat ini kepada tujuh puluh tiga kelompok, semuanya di neraka kecuali satu”, dikatakan kepadanya, “Siapakah gerangan mereka wahai Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam?” Beliau bersabda, “Ia adalah golongan (yang berpijak) pada (manhaj) yang saya genggam teguh bersama para sahabatku.” (HR. at-Tirmidzi).

Maka as-Salafiyah adalah sebuah kelompok yang berjalan di atas madzhab salaf yaitu apa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beserta sahabatnya berjalan di atasnya, ia bukanlah suatu golongan di antara golongan- golongan sekarang ini, namun dia adalah sebuah jamaah yang telah lama dan bersifat sebagai peninggalan dari zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang saling diwariskan secara terus menerus yang akan tetap terus berada di atas kebenaran secara terbuka hingga Hari Kiamat sebagaimana yang dikabarkan oleh beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Jawaban Syaikh Fauzan bin Fauzan

[Sumber: Fatwa-Fatwa Terlengkap Seputar Terorisme, Jihad dan Mengkafirkan Muslim, disusun oleh : Abul Asybal Ahmad bin Salim al-Mishri, cet: Darul Haq – Jakarta.]
———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Rabu, 1 Mei 2013/20 Jumadil Akhir 1434H

Print Friendly