Membaca al-Qur’an Di Rumah Selepas Shalat Subuh Sampai Terbit Matahari

Pertanyaan:

Berdiam di rumah setelah menunaikan shalat subuh untuk membaca al-Qur’an sampai terbit matahari kemudian dilanjutkan shalat syuruq dua rekaat. Apakah orang yang melakukan hal tersebut akan mendapatkan pahala yang sama sebagaimana ketika dia berdiam di Masjid. Kami sangat mengharapkan penjelasan anda, semoga Allah I memanjangkan umur anda dalam ketaatan kepada-Nya.

Jawaban:

Perbuatan tersebut adalah suatu kebaikan dan mengandung pahala yang besar. Akan tetapi dari zahir hadits-hadits yang ada tentang masalah ini menunjukkan bahwa dia tidak mendapatkan pahala yang sama sebagaimana yang dijanjikan kepada orang yang berdiam di tempat shalatnya di Masjid (untuk berdzikir dan shalat sampai terbit matahari).

Akan tetapi, jika dia shalat subuh di rumahnya karena sebab sakit atau rasa takut, kemudian dia duduk di tempat shalatnya untuk berdzikir kepada Allah I atau membaca al-Qur’an sampai terbitnya matahari, setelah itu dilanjutkan dengan melaksanakan shalat dua rekaat. Maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana yang telah dijanjikan dalam hadits. Hal itu karena adanya udzur (alasan yang dibolehkan) yang membuatnya shalat di rumah.

Demikian juga bagi seorang wanita. Apabila dia duduk di tempat shalatnya di rumah setelah shalat subuh untuk berdzikir kepada Allah I atau membaca al-Qur’an sampai matahari terbit kemudian dilanjutkan dengan shalat dua rekaat, maka baginya pahala sebagaimana yang terdapat dalam hadits. Yaitu Allah I akan menetapkan bagi orang melakukan hal itu berupa pahala haji dan umrah dengan sempurna. Hadits-hadits seputar masalah ini banyak sekali, masing-masing saling menguatkan. Sehingga hadits tersebut masuk dalam klasifikasi hadits hasan lighairihi. Semoga Allah I senantiasa memberikan taufik-Nya.

(Majmu’ Fatawa Ibni Baaz, 11/389)

———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Selasa,17 Pebruari 2015/27 Rabiul Akhir 1436H

Print Friendly