Ibadhiyah (1)

Definisi

Ibadhiyah adalah salah sekte Khawarij yang dinisbatkan kepada pendirinya yaitu Abdullah bin Ibadh at-Tamimi. Orang-orang yang bergabung dengan sekte ini tidak mengakui bahwa mereka adalah Khawarij, mereka menafikan hal itu dari mereka. sekalipun mereka tidak bersikap ekstrim, namun mereka tetap mempunyai pemikiran-pemikiran yang sejalan dengan Khawarij, seperti membolehkan membangkang kepada para pemimpin yang berbuat zhalim, mengingkari sifat dan akidah bahwa al-Qur`an adalah makhluk.

Pendiri dan Tokoh

Pendiri pertama sekte ini adalah Abdullah bin Ibadh, dari Bani Murrah bin Ubaid bin Tamim, Abdullah ini hidup sezaman dengan Mu’awiyah bin Abu Sufyan dan wafat di akhir pemerintahan Abdul Malik bin Marwan.

Ibadhiyah mengaku bahwa tokoh utama mereka adalah Jabir bin Zaid, wafat tahun 93 H, seorang yang termasuk ulama yang sibuk dengan menulis hadits, belajar kepada Aisyah, Anas bin Malik, Abdullah bin Umar dan sahabat-sahabat lainnya, padahal Jabir bin Zaid berlepas diri dari mereka.

Abu Ubaidah Maslamah bin Abu Karimah, murid Jabir bin Zaid yang paling terkenal, menjadi rujukan bagi Ibadhiyah setelah Jabir, dijuluki dengan al-Qaffaf, wafat pada masa pemerintahan Abu Ja’far al-Manshur tahun 158 H.

Ar-Rabi’ bin Habib al-Farahidi yang hidup di pertengahan abad kedua hijriyah, mempunyai musnad yang dinisbatkan kepadanya dan dikenal dengan nama Musnad ar-Rabi’ bin Habib. Musnad ini dicetak dan beredar.

Di antara tokoh Ibadhiyah di wilayah utara Afrika di zaman Daulah Abbasiyah adalah Imam al-Harits bin Talid, kemudian Abu al-Khattahb Abdul A’la bin as-Samh al-Muafiri, kemudian Abu hatim Ya’qub bin Habib kemudian Hatim al-Malzauzi.

Di antara ulama Ibadhiyah adalah:
Salamah bin Saad, dia menyebarkan madzhab ini di Afrika di awal bad kedua hijriyah.
Ibnu Miqthir al-Janawani, menyebarkan madzhab Ibadiyah di Lybia.
Abdul Jabbar bin Qais al-Muradi, seorang hakim di zaman imam mereka al-Harits bin Talid.
As-Samh Abu Thalib, salah seorang ulama mereka di pertengahan abad kedua hijriyah, perdana menteri Imam Abdul Wahab bin Rustum.
Abu Dzar Aban bin Wasim, salah seorang ulama mereka di pertengahan pertama abad ketiga hijriyah, gubernur Tharablus dari Imam Aflah bin Abdul Wahab.

Dari al-Mausu’ah al-Muyassarah, isyraf Dr. Mani’ al-Juhani.

———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Jumat, 2 Juli 2010/20 Rajab 1431H

Print Friendly