Iman Kepada Kitab-kitab

Iman Kepada Kitab-Kitab

Secara umum, seorang muslim harus meyakini bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab kepada para nabi dab rasul-Nya dengan tujuan untuk menjelaskan kebenaran. Allah berfirman:
“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Dan telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan nereaca (keadilan) supaya manusia dapat me-laksankan keadilan itu….” (Al Hadid: 25)

Firman Allah, yang artinya:
“Dahulu manusia itu adalah ummat yang satu, (setelah timbul perselisihan) maka Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan peringatan, dan Allah menurunkan bersama merek akitab yang benar untuk memberi keputusan diantara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan….” (Al Baqarah : 213)

Selanjutnya, secara khusus seorang muslim harus meyakini kitab-kitab yang nama-namanya telah diberitakan Allah kepada manusia, seperti Taurat, Injil, Zabur dan Al Qur’an.
Kitab Al Qur’an adalah kitab yang paling utama diantara kitab-kitab lainya. Al Qur’an , merupakan penutup, dan pembenaran terhadap kitab-kitab lainya. Al Qur’an itulah yang harus diikuti oleh seluruh umat manusia di dunia ini. Allah menurunkan Al Qur’an kepada Muhammad Rasulullah untuk dijadikan sumber hukum bagi seluruh manusia.

Di samping sebagai penyejuk dan penyembuh hati, sebagai penerang, atas segala masalah, serta sebagai petunjuk dan rahmat untuk semesta alam. Allah berfirman:
“Dan ini (Al Qur’an) adalah kitab yang telah Kami turunkan, yang diberkahi; maka ikutilah dia, dan bertaqwalah agar kamu sekalian mendapat rahmat dari Allah.” (Al Anam : 155)

Firman Allah , yang artinya:
“…Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (An Nahl : 89)
“Katakanlah (Muhammad): ‘Wahai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu sekalian, yaitu Allah yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tiada Ilah selain Dia, yang meng-hidupkan dan mematikan. Oleh karena itu, berimanlah kepada Allah dan utusan-Nya seo-rang nabi yang ummi, yang beriman keapda Al-lah dan firman-firman-Nya, maka ikutilah Dia agar kamu mendapat petunjuk.” (Al Araf : 158)

———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Selasa,27 Juli 2004/9 Jumadil Akhir 1425H

Print Friendly