Menghindari Perselisihan Dengan Tidak Tegur Sapa

Oleh : Ust.Izzuddin Karimi. Lc

Tanya

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Sudah beberapa minggu saya mengambil tindakan untuk tidak menyapa kakak saya karena kakak saya itu memiliki sifat iri kepada saya, saya sudah coba mengalah tetapi sikap dia semakin menzolimi saya ditambah dia sering bercerita hal tidak baik tentang saya kepada ibu dan keluarga.

Pernah beberapa kali saya tanya apa maunya, dia malah memaki dan menyumpahi saya dengan kata-kata kasar akhirnya saya mengambil sikap untuk tidak menegur dia, agar tidak terjadi salah paham setiap hari. Saya sangat iba melihat kondisinya yang sering berfoya-foya dan riya ditambah kepercayaan dia kepada paranormal daripada kepada Allah, dia juga tidak menyukai wanita berjilbab.

mohon pencerahan bagaimana saya harus mengambil sikap untuk menghindari dosa ? Terima kasih atas sarannya

Wassalamu’alaikum warhamatullaahi wabarakatuh

Hormat Saya : Tiwi

Jawab

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam . Amma ba’du.

Seseorang terkadang diuji oleh Allah dengan orang-orang yang tidak baik yang ada di sekitarnya, sama dengan ujian lainnya, dia mesti sabar menghadapinya, sambil berusaha memperbaiki dan menasihati dengan cara lembut, baik dan sopan, bila tidak diterima, maka apa yang seharusnya dilakukan sudah dilakukan dan selanjutnya terserah kepada yang bersangkutan. Jangan lupa dukung usaha Anda dengan doa semoga Allah Subhanahu waTa’ala berkenan memberikan bimbingan kepada saudara Anda tersebut.

Shalawat dan salam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

———-
Sumber: Al-Sofwa – www.alsofwa.com – Selasa,28 September 2010/19 Syawal 1431H

Print Friendly