Jual Beli Kredit Ada Yang Halal, Dan Ada Yang Termasuk Riba (haram) Contohnya Jual Beli Dengan Dua Harga

Apa Hukum Jual Beli Kredit?

Arsip Artikel

107 Comments on Jual Beli Kredit Ada Yang Halal, Dan Ada Yang Termasuk Riba (haram) Contohnya Jual Beli Dengan Dua Harga

  1. Assalamualaikum….

    kalau yang saya tahu walaupun belum tentu benar pendapat saya..semua kredit..mau kpr rumah..mau kredit motor..semua riba..soalnya kalau pembayar telat 1hari dan seterusnya kita kena denda keterlambatan…

    yg anehnya. Kalau ada seorang rentenir. Kita2 mencibir dan agak menghina. Tapi secara tdk sadar kita2 juga sama2 pemakan uang riba…

    ya allah cukupkanlah aku dng rezeqi yg. Halal. sehinga aku terhindar dari yg haram..kayakanlah aku dng kenikmatanmu sehingga aku tdk meminta kepada selainmu…..

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Jika ada keterlambatan ada denda, itu jelas sekali riba,
    Solusinya, sebenarnya kita bisa minta tolong kawan kita yang punya uang untuk membeli cash ke dealer, lalu kita membeli dari kawan kita tersebut secara nyicil, tentu kawan kita boleh menaikan harga terlebih dahulu,

  2. Pak admin yth.
    Soal pembayaran lambat berdenda??. Sebelum pakai Tokem pra bayar PLN, kita didendan kalau terlambat, juga gas dan PDAM. Apakah dendan ini termasuk Riba.
    Terima kasi was.

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Terimakasih mas lukman,
    Utk kasus PDAM dan PLN itu tidak termasuk riba,. Kaum muslim itu terikat dengan perjanjiannya,.
    PLN dan PDAM sudah memberikan ketentuan, jika lewat jatuh tempo, maka akan kena denda, dan jika tidak membayar juga maka mereka juga berhak memutus saluran listrik dan airnya,. Jadi supaya jangan kena denda, bayarlah tepat waktu,

    • Assalamualaikum,

      Denda yang bagaimana yang termasuk riba? apakah denda karena terlambat bayar hutang atau denda bayar tagihan PLN/PDAM dsb? terimakasih

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Denda yang termasuk riba adalah denda karena hutang atau pinjaman,
      Kalau denda PDAM/PLN itu bukanlah riba, itu berbeda,.

    • Di bagian tanya jawab mp3 ,sedikit ada penjelasan dr ustadz Erwandi tentang denda PLN ,semoga bermanfaat baarokallahu fiik

  3. Assalamualaikum..

    Bagaimana jika denda keterlambatan pembayaran kredit motor/rumah sudah disepakati sebelumnya dalam perjanjian. apakah denda tersebut riba? Syukron..

    wa’alaikumussalam warahmatullah
    Terimakasih mas Andi,.
    Denda tersebut adalah riba, baik disepakati atau tidak,.

    Kesepakatan dalam hal tersebut, tidak menjadikan itu menjadi boleh, tetap tidak merubah hukum ribanya

  4. Assalammualaikum,,

    Wa’alaikumussalam warahmatullah, terimakasih Leni, sudah komentar disini

    contoh misalnya si A butuh rumah sedangkan ia tidak punya uang,lalu si B membelinya,dan menjualnya secara kredit kepada si A,dan harganya di lebihi,,itu kan termasuk riba,,

    Itu bukan riba mba,. itu justru yang dibenarkan,. tidak mengapa menjual dengan harga lebih tinggi dari harga beli anda, kan anda boleh mengambil untung, dijual secara kredit boleh, dengan catatan, jika terlambat nyicilnya tidak ada tambahan denda,

    saya sekarang berjualan baju,dan pembayarannya secara kredit,,,
    pertanyaannya,bagaimana kalau ada yg memesan model lain,,yg di brg sy g ada,apakah saya hrus membelikanya??
    termasuk riba gak saya memenuhi pesanannya..

    Namanya berjualan ya harus ada barangnya,.
    Nah jika modelnya pesan dulu, bisa saja dipesankan,anda beri contoh model pakaian yang sesuai pesanannya, lalu orang tsb disuruh membayar dulu, atau bisa berupa DP, lalu belikan pakaian tsb,setelah dapat pakaian tsb diberikan ke pembeli,

  5. Assalamualaikum,,,bagaimana kalau kita mengkreditkan barang,,tp belanjanya yang mau kereditnya jg ikut belanja bareng ke tokonya sama kita.terimakasih.

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.

    Tidak mengapa, dia tahu harganya juga tidak mengapa, kan harga kredit boleh lebih mahal dari harga cash, asal tanpa riba,

    • Bukannya tidak boleh ditempat yang sama ya?

      Beda kasus mas,..

  6. assalamualaikum,..
    ada seorang agen rumah/mobil
    dia menjual rumah/mobil yang belum dibelinya, dia hanya perantara saja. harga jualnya dia naikkan jadi beberapa juta. apakah uang yg dihasilkan riba?

    wa’alaikumussalam warahmatullah
    terimakasih gita, sudah komentar disini,.
    Jika si perantara tersebut menaikan harga itu sepengetahuan dan seijin pemilik mobil/rumah tsb, maka tidak mengapa, tapi jika atas inisiatif sendiri, maka uang lebihnya itu haram bagi dia, wajib diberikan kepada pemilik mobil/rumah tsb,

    maaf ya saya mau tanya lagi
    apakah bunga uang yang di dapat dari deposito bank syariah itu riba?

    ya, itu riba, bank syariah itu terkadang cuma embel-embel saja, prakteknya tetap saja riba,

    terima kasih

    sama-sama

  7. assalaamu’alaikum,
    Bagaimana jika yang menjadi obyeknya adalah buan barang/benda tetapi jasa, misalkan peminjaman untuk biaya kuliah, namun bayarnya dicicil tetapi dengan pengembalian yang lebih besar pada saat awal ?, syukron jawabannya

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    itu adalah RIBA,.

    • bukankah nabi pernah beli onta dengan bayar ditunda dan harganya dibayar 2 onta. Bedanya sama ini apa ya ?

      Kalau melunasi dilebihkan tanpa ada perjanjian di awal,.. maka tidak mengapa, sebagaimana yang rasulullah lakukan,.

      Jadi jika ada orang yang berhutang, lalu melunasi , saat melunasi dia melebihkan, mungkin sebagai tanda terimakasih, ini bukanlah riba,

      Menjadi riba, jika di awal hutang disebutkan, nanti anda melunasinya harus dilebihkan,. ini yang jadi riba,.

      Jadi itu berbeda mas yoyok,

  8. Pak admin saya mau bertanya kan diatas suda dijelaskan bahwa perkreditan yang melibatkan pihak ketiga adalah RIBA. Kalau saya buka usaha “Menerima Pembayaran Cicilan/Kredit Motor” Apakah termasuk untaian orang2 yang terlibat RIBA?
    afwan

    Termasuk tolong menolong dalam hal tersebut, mending anda tidak usah menerima hal tersebut, kan masih ada yang halal, seperti pembayaran PLN,pulsa,
    Jangan mau menerima cicilan motor sperti pihak ketiga diatas,

  9. Assalamu’alaikum,
    bagaimana hukumnya jika bekerja sehari-hari menggunakan kendaraan motor sebagai marketing/sales, tetapi kendaraan motor yang setiap hari digunakan tersebut dibeli orang tua secara kredit dengan sistem kredit riba/ tidak sesuai dengan syariah, karena ingin membeli kendaraan/motor dengan uang sendiri pun tidak/belum punya penghasilan?

    wa’alaikumussalam wrahmatullah,.
    Motornya halal, yang haram adalah ribanya,.

  10. Assalamu’alaikum wr.wb
    Apakah hukumnya jika seseorang kredit emas 2.6gr hrg 1jt dikredit 20 minggu dgangsuran 65000/minggunya. Wass

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    khusus emas, itu tidak boleh beli secara kredit /dicicil, tapi wajib tunai

    • Berarti cicilan emas dipegadaian tidak boleh?

      Tidak boleh , itu riba,.
      Emas tidak boleh dicicil atau dikredit, wajib kontan, cash,.

  11. Assalamualaikum wrwb…jadi inti nya barang apapun yg dibeli dgn cara Kredit yg melibatkan Bank Konvensional sbg pihak ketiga adalah Riba…

    Bagaimana dgn Kredit di Bank Syariah murni seperti di Bank Syariah Muamalat dan BSM…

    karena yg saya tau Bank Muamalat tidak ada Konvensionalnya dan BSM/Bank Syariah Mandiri management berbeda dgn Bank Mandiri…

    Mohon jawabannya mas admin…Sukron

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Saya pernah mendengar ceramah ustadz Erwandi tarmidzi di radio rodja, beliau adalah ustadz pakar muamalah, beliau pernah berkata ketika ditanya tentang bank syariah,.
    Untuk di indonesia, belum ada bank yang betul-betul syariah, kalau yang nama belakangnya syariah sih ada,.
    Dalam prakteknya tetap ada transaksi-transaksi ribawi,
    Kalau bisa bapak jelaskan contoh transaksi yang pernah anda lakukan, nanti bisa ketahuan, apakah itu ada ribanya atau tidak,.

    Tentang bank syariah, sudah saya posting,. nama belakang syariah itu cuma embel-embel saja,

  12. Berarti yang namanya kredit zaman sekarang seperti KPR, Kredit Motor, Mobil, dsb. itu riba ya kak?

    Jika terlambat maka kena denda,.trus cicilannya ada bunganya,. beli sama dealer tapi mencicil ke pihak ketiga seperti lembaga kredit,. maka itu riba

    bagaimana dengan hutang ke koperasi?

    Jika pengembalian pinjamannya tidak sama dengan uang yang dipinjam, artinya mengembalikannya lebih, atau mungkin cicilannya berbunga, maka ini riba

    Trus bagaimana dengan jualan online dengan sistem dropship?

    tergantung sistemnya,. apakah ada kesepakatan dengan si penjual atau tidak,. dropship ada yang boleh,. nah, seperti apa sistem dropship tsb,

    • Terima kasih atas jawabannya. Untuk dropship, misal kita menjual baju online dengan hanya memasang/upload gambarnya saja tapi barangnya belum di tangan (masih di penjual yang sebenarmya) dan kita ngasih harga sendiri.

      kalau ada yang pesan baru kita konfirmasi ke penjual yang sebenarnya tentang ketersediaan barang.

      Kemudian setelah terjadi kesepakatan dengan calon pembeli, pembeli mentransfer uang ke rekening kita, baru kita pesankan/belikan ke penjual yang sebenarnya dengan kita transfer uang ke penjual tsb.

      Cara seperti itu salah mba,.
      Harusnya anda bilang ke penjual dulu, bahwa anda ikut menjualkan barang dagangan si penjual tersebut, dan harga juga harus seijin si penjual, misalkan harga di penjual 10 ribu, lalu anda menjual kembali 12 ribu, artinya penjual memberikan kebebasan jika kita menjual lebih tinggi,
      Nanti jika ada pembeli akan transfer ke rekening anda, lalu anda memberi tahu penjual agar dikirim ke pembeli, lalu anda bayarkan uang ke penjual, ini tidak mengapa,.

      Jadi perjanjian dengan si penjual atau pemilik barang itu diawal,.

      Bukan salah dropshipnya, tapi akad yang anda lakukan dengan si penjual,.

      Jadi jika ingin betul, silahkan anda buat perjanjian dengan si pemilik barang/penjual bahwa anda ikut menjualkan , anda juga bisa menjual lebih tinggi, atau harga normal tapi anda dapat diskon , jadi nanti bagian keuntungan anda itu adalah diskon yg diberikan si penjual,.

      Saya juga menjual buku online di blog ini dgn sistem dropship kok,.
      Saya posting resensi bukunya, juga harga buku tersebut,. sebelumnya melakukan perjanjian dengan toko buku yang menjual buku tsb,
      Jika ada pembeli, maka dia akan sms ke saya, dan saya minta data pembeli, guna menentukan ongkos kirim,.
      setelah itu saya beritahu ke pembeli utk transfer harga buku dan biaya ongkir,. setelah pembeli transfer saya konfirmasi ke penjual utk mengirimkan buku yang dibeli, dia mengirim dengan nama toko online saya, tapi yang melakukan pengiriman adalah dia,.
      Jadi seperti itu mba,

      • kalau perjanjian dengan penjual asli memang sudah di awal. hanya saja barangnya masih di penjual asli waktu kita pasang gambarnya. begitu.

        Tidak mengapa barang masih di penjual, bahkan yang mengirim adalah si penjual , tapi uang ditransfer ke anda, tidak masalah,. dalam hal ini anda menjadi wakil dari si penjual

        untuk harga apakah kita bebas memberi harga atau penjual asli harus tahu kita ngasih harga berapa ke calon pembeli?

        Penjual asli harus tahu, atau si penjual menyetujui anda menjual dengan harga berapapun,. jadi harus seijin si penjual,

        • Assalamualaikum wrwb

          Saya ingin mengutip terlebih dahulu dari artikel lain dari website ini

          Ibnu Hajar menjelaskan perkatan Ibnu ‘Abbas di atas dengan berkata, “Bila si A membeli bahan makanan seharga 100 dinar –misalnya- dan ia telah membayarkan uang tersebut kepada penjual (si B), sedangkan ia belum menerima bahan makanan yang ia beli, kemudian ia menjualnya kembali kepada si C seharga 120 dinar dan ia langsung menerima uang pembayaran tersebut dari C, padahal bahan makanan yang ia jual masih tetap berada di si B, maka seakan-akan si A telah menjual/menukar (mengutangkan) uang 100 dinar dengan pembayaran/harga 120 dinar. Sebagai konsekwensi penafsiran ini, maka larangan ini tidak hanya berlaku pada bahan makanan saja, (akan tetapi berlaku juga pada komoditi perniagaan lainnya pen.).” (Fathul Bari, oleh Ibnu Hajar Al-Asqalany 4:348-349)

          Sumber:

          Dari kutipan diatas jika dilihat kasusnya hampir sama dengan penjual dropship yang anda lakukan, anda sama sekali tidak menerima buku dari toko buku yang anda beli bukunya bahkan toko buku itu sendiri yang melakukan pengiriman kepada pembeli buku. Jadi pertanyaan saya kenapa penjelasan Ibnu Hajar dianggap riba sedangkan dropship yang anda lakukan itu diperbolehkan? dimana perbedaanya? Apakah jika antara si A dan si B sudah ada kesepakatan maka itu diperbolehkan?

          Terima kasih

          wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

          Drop ship berbeda dgn kasus du dalam hadits tsb,
          Kalau drop ship justru org yg menjualkan itu sebagai wakil si penjual,

          misal si A adalah toko pemilik barang, si B org yg menjualkan dg sistem drop ship, lalu si C pembeli,

          nah si B dan si A itu sdh ada kesepakatan bahwa si B boleh menjualkan barang milik si A dgn harga yg diketahui dan dusetujui oleh si A,

          Jadi walaupun barang belum dimiliki oleh si B, si B dalam hal ini menjadi wakil si A, jadi si C bisa melakukan transaksi langsung dg si B dan barang dikirim dari si A dgn atas nama si B ,

          itu bedanya… jd ga sama seperti kasus yg dijadikan contoh

  13. klau jual barang semisal kontan 10000 klu kredit 12000 .apakah riba

    jika seperti itu, maka hendaklah penjual menentukan salah satu harga yang termurah, kalau tetap dia mempertahankan ada kredit ada cash, maka ini adalah RIBA,

  14. Assalamualaikum….
    Kalau semisal sudah terlanjur membeli rumah secara kredit dan cicilannya masih lama,sedangkan kita tidak punya cukup uang untuk melunasinya,lantas bagaimana solusinya Pak?

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Jika bisa dijual saja rumahnya, dan hasil penjualannya digunakan untuk membayar sisa cicilan seluruhnya,. dan anda bisa ngontrak rumah saja,.

    • Assallamuallaikum…
      kl hukum gade yang benar bgmna?…
      misal ada tmn…
      sy tlng dengan menyerahkan mobilx sbgai jaminan lalu sy kasi pinjam uang sy 50 jt selama satu bulan …
      tentunya nilai mbil mseh agak tggi dngan jumlah uang …
      dan mbilya saya pake…
      nah bgmn hukum msalah itu …
      tlng jelaskan…

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,
      Jika mobilnya anda pakai, itu riba, karena anda mengambil manfaat dari barang jaminan tersebut, harusnya cukup surat bpkb nya saja yang anda pegang,.

  15. Assalamualaikum..
    Pak saya kan beli motor cash tapi saya minta tolong ke seseorang untuk dicarikan dealer yang mau menjual motor secara cash.. lalu saya memberi uang kepada seseorang itu sebagai ucapan terima kasih karna mw membantu saya mencarikan dealer yanh menjual motor secara cash.
    Apa kah uang yang saya beri ke seseorang itu termasuk riba atau bukan? Haram atau tidak?
    Terimakasih

    wa’alaikumussalam warahmatullah
    itu adalah komisi, bukan uang riba, boleh saja, tidak haram

  16. Assalamualaikum wr wb

    apakah menjual rumah secara kredit ( KPR ) juga termasuk yg dilarang agama?

    syukron…

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Seperti apakah menjualnya? anda jual rumah ke bank, lalu bank mengkreditkan ke orang lagi,. apa begitu?

  17. Assalamualaikum……,
    Seseorang bakal dpt arisan bl depan sebesar 1.000.000,- krn ybs butuh uang sekarang dia minta ditalangin “udah 900.000 aja arisan bl depan ambil semua sama kamu” begitu katanya, apakah itu termsk riba ?
    Trims.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Terimakasih kurdi,.
    itu adalah riba,.

    • Assalamualaikum ,
      maaf sblumnya saya kurang paham dengan jawabannya bisa di jelaskan lebih rinci ???
      Bukankah itu sama halnya dengan memberi komisi ? Kenapa riba, Terimakasih

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
      arisan itu seperti utang,. utang bergilir,.
      kalau utang, maka melunasinya pun tidak boleh kurang, tidak boleh lebih,.
      Jadi jika dia menghutangi 1 juta, ya bayar 1 juta, bukan 900 ribu, jadi yg 100 ribu itu bukan komisi, tapi riba

  18. Saya bekerja di Perusahaan yang modal Kerja /Usahanya dari Pinjaman dan berbunga,
    Apakah gaji yang setiap bulannya itu termasuk riba ? kalau begitu saya menafkahi anak isteri saya dengan uang riba ? mohon solusinya. Dan bagaimana dengan Negara kita banyak hutang berbunga untuk pembangunan dan perputaran perekonomian. Ribakah negara kita ? siapakah yang berdosa dan tanggung jawab siapa dosa ini ?. Mohon solusunya. Terima kasih.

    Tidak pak,.
    Uang pinjaman yang haram adalah ribanya, tapi uangnya tidak menjadi uang haram,
    Yang menanggung riba adalah pelaku riba tersebut, yaitu pemilik perusahaan,. adapun jika usahanya adalah usaha yang halal, maka hasilnya itu halal bagi karyawannya,. karyawannya tidak terkena dosa riba

    • Pak bukannya tolong menolong dalam riba itu juga gak boleh?

      Kalau begitu kerja jadi pegawai bank juga halal nih? Yang dosa pemiliknya aja

      Saya kok bingung

      Riba itu haram bagi pelakunya,. kerja di bank juga haram, jika uang riba itu diberikan pada orang lain, maka orang yang diberi tidaklah mendapat dosa riba,.

      • bukankah pemakan riba, pencatat riba dan lain lain juga dilaknat ?
        bagaimana memisahkan uang riba dan pokok di bank ?
        Semuanya sudah bercampur.

        Kan ketahuan nominalnya,.
        Misalkan kita meminjam uang di bank 1juta,. itu jelas, yang riba adalah bunganya,. kan bunganya juga jelas,. mudah kan memisahkan,. bukan memisahkan pisiknya, tapi ya pisahkan nilainya saja, kan bisa dihitung,.

        apalagi bank kan ada buku tabungan, jelas sekali berapa nominal bunga atau ribanya,.

        pemakan riba, adalah orang yang melakukan riba, dan dia makan dari uang tersebut,.
        berbeda jika harta riba itu diberikan pada orang lain, maka orang lain tersebut tidak terkena ancaman dosa memakan riba,. karena dia bukan pelaku riba tersebut,

    • Oh maaf br sy baca lagi, baru paham

      Alhamdulillah,.

  19. Salam, misalnya kalau ada yg ingin pinjam uang ke saya 5 juta untuk modal dagang. Nah waktu akadnya dia bilang nanti saat mengembalikannya saya akan di kasih uang terima kasih(lebihan) 500 rb karena kemauan dia sendiri. Apakah itu termasuk riba atau hadiah atau lainnya?

    Kalau dia berkata begitu itu di muka,. maka itu adalah RIBA, walaupun itu kemauan dia sendiri,

  20. Saya mau bertanya mengenai bank konvensional dan syariah, bank tersebut memang menerapkan prkatek riba tetapi bagaimana solusinya buat kita semua karena pembayaran gaji dimana mana harus menggunkan jasa bank bank tersebut. Jika kita tidak menggunakan jasa bank tersebut kita tidak bisa melakukan transfer atau pengambilan uang secara praktis karena tidak punya account di bank. seperti apa solusi terbaiknya?

    Mohon diluruskan jika pernyataan saya berikut ini salah :
    Menurut saya kita menggunakan jasa bank konvensional tidak berdosa, mengapa ? karena yang menanggung dosa adalah pembuat sistem di negara ini seperti pemerintah dan MUI yang jelas2 tidak mengeluarkan fatwa yang tegas terhadap sistem perbankan. Bukankah dosa suatu kaum dipikul sama pemimpin pemerintahan atau pemimpin suatu umat?

    Mohon pencerahannya..

    Menggunakan bank konvensional utk kemudahan transaksi,dan tidak memakan bunganya, itu tidak mengapa, seperti untuk transfer, pembayaran, atau gaji,.
    Ulasannya sudah

  21. Mohon jawaban balasan pak

    Jawaban pertanyaan yang mana?

  22. Assalamu’aiaikum…
    Mau tanya nih, kalau kasusnya seperti ini apakah termasuk riba? Misal, Si A punya barang dengan nilai 10jt, kemudian Si B ingin membeli barang tersebut secara kredit. Nah Si B tanya, “Berapa harga kreditnya?”. Kemudian Si A menjawab, “Harga kreditnya tergantung lama kreditnya. Kalau kredit 3 bulan harganya 10.300.000, kalau kredit 6 bulan harganya 10.600.000, dan begitu seterusnya. Intinya ada tambahan 100rb tiap bulan sesuai lama kreditnya”

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    tidak boleh, kecuali kalau anda menetapkan harga yang terendah,

    • Maaf saya kurang paham dengan jawaban soal ini . Dilain pertannyaan djelaskan kalo kita menentukan 2 harga kita harus mencari yang paling murah karena itu termasuk rba . Tapi knapa ini boleh ??

      terimakasih sudah mengingatkan,..
      sudah saya ralat,

      dulu saya menjawab boleh karena ada ustadz yang menjelaskan itu adalah boleh, bahkan postingan diatas juga itu isi postingan awalnya adalah yang membolehkan, tapi setelah saya mendengarkan penjelasan sesuai dgn teks hadits, maka saya mengikuti dalil yang saya sertakan videonya, jadi saya rubah postingannya, juga jawaban2 komentar, dan yang anda sebutkan itu yang terluput,

      terimakasih sudah mengingatkan

  23. Saya mau menanyakan yang ini :

    Penafsiran pertama: Bank telah menghutangi pembeli motor tersebut uang sejumlah Rp 10.000.000,- dan dalam waktu yang sama Bank langsung membayarkannya ke showrom tempat ia membeli motornya itu. Kemudian Bank menuntut pembeli ini untuk membayar piutang tersebut dalam jumlah Rp 13.000.000,-. Bila penafsiran ini yang terjadi, maka ini jelas-jelas riba nasi’ah (riba jahiliyyah). Dan hukumnya seperti yang disebutkan dalam hadits berikut:

    Ada satu hal yang dilupakan. Bukankah transaksi di atas adalah ditunda ? Dengan penundaan transaksi maka dalam Islam dibenarkan untuk menambah harga. Kecuali kalau transaksi tunai jelas tidak boleh. Kalaupun seandainya motor belum dibawa ke bank itupun hanya masalah kemudahan saja. Karena kita biasanya sudah tahu barangnya dengan jelas. Kemudian masalah surat kendaraan yang atas nama penghutang. Ini hanya masalah administrasi bukankah bpkb masih dibawa oleh bank sehingga kepemilikan barang masih secara administrasi dalam penguasaan bank.

    Memang jaman nabi semuanya serba sederhana. Saya pikir inovasi seperti ini masih bisa diterima asalkan hukum dasarnya tetap diikuti dan tidak dirubah. Malah jaman Nabi 1 onta dibayar 2 onta itu 100% padahal sekarang kredit motor ‘cuma’ kurang dari 50%. Contoh misalnya orang haji melempar jumrah. Jaman Nabi jumrahnya kecil tapi sekarang sudah berubah menjadi besar dan bertingkat. Thawaf pun bisa ditingkat 2 atau 3. Apakah ini menyalahi hukum Islam ?

    Praktek bank bukan begitu mas,.
    Tapi bank sudah melakukan akad jual beli, sementara motor belum di miliki oleh bank,. alias bank tidak menyetok motor,.
    bank baru memesan motor setelah ada pembeli dan melakukan akad utk membeli motor, dan ada keterikatan dengan calon pembeli tersebut, yaitu si calon pembeli wajib membayar harga motor tersebut,. ini adalah akad yang terlarang,. menjual barang yang belum dimiliki

  24. saya mau beli mobil tapi keridit gimana teran saksinya supaya tidak riba mksh

    Anda bisa minta tolong kepada teman anda untuk beli mobil secara cash, lalu anda menyicil pada teman anda tersebut,

    • Ada yg mau kridit hp tp dia mau bli sendiri dgn minta uang nya saja umpama 1jt .
      jd kridit nya 1,5jt slama 6 bln byr nya mingguan itu riba bukan.

      Kalau mintanya dalam bentuk uang, itu riba, jadi dihitungnya pinjam uang 1 jt, lalu bayarnya 1,5 jt,

      Beda halnya jika anda beli dulu hapenya, lalu anda jual ke temen anda tersebut, seharga 1,5 juta, baik cash atau nyicil harga tetap sama, itu baru bukan riba,

  25. assalamualaikum.
    syh kurang paham mengenai riba.
    syh ingin tau hukum ngeridit motor apakah termasuk riba

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Kredit motor ada yang riba, ada yang tidak,>
    Contoh yang riba adalah kredit motor yang melibatkan tiga pihak, pembeli, bank, dan lembaga pembiayaan semacam leasing (adira, dan yang semisalnya)

    Kalau kredit motor yang tidak riba contohnya seperti ini,.
    Anda ingin membeli motor, lalu anda minta tolong ke teman anda agar dia membelikan motor, misalkan seharga 10 juta, lalu teman anda tersebut menjual lagi motor yang dibelinya kepada anda seharga 13 juta dengan cara dicicil, sesuai perjanjian, dan jika terlambat nyicil tidak ada denda, maka ini boleh dan bukan riba,

  26. Assalamu’alaikum
    Kalau sudah terlanjut kredit motor dengan melibatkan pihak ketiga dan ada denda juga jika terlambat pembayarannya, apa yang harus dilakukan? Dan kreditannya pun tinggal satu bulan lagi lunas. Bagaimana solusinya??

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Segera bertaubat, dan bayar langsung tidak usah menunggu jatuh tempo,. jangan berlama-lama betah dengan riba,

    Ingat dosa riba, bagian yang teringan dari riba, itu seperti si anak berzina dengan ibunya sendiri,

  27. pak.. didaerahku lagi rame bisnis komunitas.. contoh d4f.. dream for fredom..
    gmn hukumnya ya?
    aku gk brani ikut sblm jelas.. trims

    Gak usah ikut bisnis2 model gitu pak deni, ga jelas,.
    Ada unsur gharar juga,. ada unsur MLM nya juga, itu haram hukumnya
    Silahkan baca pengalaman org yang pernah ikutan juga,

  28. Assalaamu’alaikum….
    saya pernah mengkreditkan barang elektronik tp yg beli barangnya bukan saya tp si pengkredit dg meminta uang sekian rupiah utk membeli barang tsb dan saya tidak tahu harga barang yg dibeli tsb seharga uang yg saya berikan atau tidak.
    Apakah kelebihan uang yg saya terima dr akad kredit tsb termasuk riba?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Mengkreditkan barang itu adalah barang yang sudah anda miliki, jadi anda beli dulu, baru dikreditkan ke orang lain,
    Atau orang lain tersebut membayar dp dulu sebagai tanda serius mau beli, lalu anda beli barangnya, baru transaksi,

  29. Assalamualaikum,

    sy mau tanya.saya punya teman yg punya usaha, teman saya mntk saya menanamkan modal pd usahanya dan dia akan kasih saya tiap bln sekian jt.Apakh uang yg sy trm itu adlh riba?? Wassalam

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Jika seperti itu, ya.. ITU RIBA

    Kerjasama dan posisi anda sebagai investor tidak seperti itu pembagiannya,.

  30. sebetulnya simpel aja untuk memahami firman Allah diatas kita memang boleh kredit kita memang boleh ada hutang piutang, yang tidak dibolehkan kalau kita beli cash harganya 100.000, kalau kredit harga barang jadi 150.000 (Riba).
    kalau harga cash 100.000 harga kredit pun harus 100.000.

    Alhamdulillah, saya sudah mendengar penjelasan tentang hal tersebut, makanya postingan saya ganti isinya, termasuk saya mengedit tanggapan komentar yang ada,

    • Nah kalo yg ini saya setuju !!!! …
      Pak admin benar !!! Yg di maksud riba itu berbunga . Yg namanya berbunga itu ya semakin lama semakin banyak !!! Itu lah riba !!! Jadi kalo jelas jangka waktu dan perbulan nya !! Itu sah2 aja

      Menurut dalil, justru itu tidak sah, jika si penjual menghadapkan kepada si pembeli opsi ini, jika cash sekian, jika kredit sekian (lebih mahal) , maka disinilah ribanya,. jika si penjual tidak menetapkan harga yang lebih murah,.
      Jadi bukan karena jelas jangka waktu dan perbulannya lalu menjadi itu sah,. dan bukan riba,. ini pemahaman yang keliru

  31. syukron mas

    afwan

  32. Asalamualaikum..
    Saya al ingin brtanya.. Saya bingung transaksi saya inu trmasuk riba atau tidak. Krn brbeda kasus.. Sy mmbeli brg.. Dikarenakan pnjual tdk dpt mmblikan langsung.. Dia transfer uang kpd sy.. Kemudian sy yg mmblikan brg.. Hutang 4juta .. Dtransfer 3,4jt.. 6rts perbulan dan bln 13 byr 3rts.. Artinya sy hrs mnrima uang 3,4 juta dg tambahan 4,1 juta artinya sy hrs mmbyara 7,5juta.. Riba kah ini? Di awal jika dlunasi dtengah prjalanan kredit akan dptong pmbayaran. Namun akan ttp jika smpe lunas 13bulan. Mohon bntu saya u mnyelesaikan prmslhan hukum jual beli yg sudah sy lkukan ini. Trimakasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Saya bingung memahami pertanyaan anda,jadi belum bisa jawab, tolong diperjelas lagi,

  33. kalau kta mengkreditkan emas ,misal kta beli hrga emasnya1000000 kta angsurkan dlm 1 bln mnjdi 1200000 itu gmn hkmnya

    Kalau emas tidak boleh dibayar tempo atau kredit, wajib CASH,

    Tidak boleh menukar emas dengan uang, walaupun keduanya tidak sama jenis kecuali dengan syarat harus tunai dalam satu majelis. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau menjelaskan barang-barang yang termasuk riba dalam sabdanya,

    فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ

    “Jika berbeda jenis, maka juallah terserah kalian, asalkan tunai”

    HR. Muslim no. 1587

  34. Assalammualaikum warahmatullah,.
    Kalau bekerja di perusahaan leassing (fif,astra, dll) pendapatan karyawan tersebut (gaji,bonus, dll) halal atau tidak ya?
    Terimakasih pak.

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Bekerja di tempat ribawi, seperti bank konvensional, lembaga kredit yang ribawi seperti leasing,lembaga keuangan sebagai pihak ketiga,. maka hasil dari gajinya adalah hasil yang haram,
    Tentang kredit segitiga atau yang melibatkan lembaga seperti fif,adira,

    Kalau astra itu bukan lembaga keuangan, jadi tidak termasuk

  35. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    mas, misalnya ada perumahan yang telah dibeli oleh pihak bank (bukan lagi milik developer) lalu kita membeli rumah dari pihak bank tsb secara kredit, bagaimana hukumnya?
    apakah hal ini ada unsur ribanya?

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Jika kita bertransaksi dengan bank saja selaku pemilik rumah, bukan menggunakan jasa leasing atau pihak ketiga, maka tidak apa-apa,

    Tapi itu bisa jadi riba jika kita terlambat menyicil terkena denda,. nah denda itu adalah ribanya

    Pertanyaannya, adakah di indonesia bank yang seperti itu?

  36. Bagaimana dengan hukum ikut bisnis dream for freedom ??

    Ngga boleh, itu bisnis tipu menipu, dan memakan harta orang lain dengan cara yang batil

    • Assalamu alaikum
      pak Kalau gabung bisnis sm ustadz yusup paytren
      Itu riba atau boleh

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
      Itu adalah bisnis seperti MLM, lebih baik tinggalkan, tidak usah tergiur,.
      Bagaimana hukum MLM,

  37. pak,alhamdulillah sudah dapet ilmu kalau kredit segitiga haram hukumnya.bulan kemarin cicilan motor kurang 4x langsung saya lunasi setelah tahu hukum kredit motor via leasing itu haram,Yang saya tanyakan motor hasil kredit segitiga tersebut setelah lunas enaknya saya apakan ya? bolehkah tetep saya gunakan sehari-hari?

    Yang jadi masalah bukan motor yang dibelinya pak,. selama itu halal ya boleh dimanfaatkan,.
    yang haram itu ya RIBA nya,.makanya kalau bisa langsung selesaikan, tidak berlama-lama dalam riba,

    jadi motornya ya silahkan saja dimanfaatkan, kan motornya bukan hasil riba,.itu uang anda,.

  38. kalau deposito uang di bank syariah.
    bunganya haram gak?

    Jika ada bank syariah ada produknya berupa deposito berbunga, maka itu bukan bank syariah namanya,.. bunganya ya tetap haram sebab itu adalah riba, jangan tertipu oleh nama syariah, kadang itu cuma embel-embel saja,

    • Kalau misalnya si A mau beli sofa kredit ke saya lalu kami ke toko bersama untuk membelinya, sudah pernah di bahas bahwa tidak apa-apa jika transaksi antara saya dan si A di lakukan di luar toko, tetapi jika sofa tersebut tidak dikirim ke rumah saya tetapi langsung dikirim dari toko ke rumah si A, itu bagaimana pa?

      Kalau mau seperti itu, anda beli dahulu sofanya, lalu dikirim ke si A, tapi status sofa itu adalah milik anda, lalu setelah itu anda buat transaksi baru, akad baru bahwa anda menjual sofa tersebut ke si A,

  39. assalamualaikum,

    saya ingin bertanya bagaimana jika posisinya seperti berikut:
    saya memiliki olshop, banyak reseller saya yg meminta saya langsung mengirimkan barang ke customernya si reseller ini dg nama pengirim a.n reselller

    jadi reselller mengambil barang dagangan saya misal harga 50.000 lalu beliau memasang gambar saya tsb untuk dijual lagi seharga 70.000. ketika ada customer yg membeli, reselller ini membayar kpd saya sejumlah 50.000 dan meminta saya untuk langsung mengirimkannya ke customer (tanpa reseller menerima barangnya terlebih dahulu/dropship)

    Wa’alaikumussalam warahmatullah.
    Jika sudah ada perjanjian dengan si pemilik barang, dalam hal ini anda dengan resellernya, jadi si reseller itu menjadi wakil anda utk menjualkan barang milik anda, dengan harga sepersetujuan anda,. jadi bukan si reseller menjual sendiri tanpa ada perjanjian di awal dgn anda, tapi sudah berani menjual, kalau ini terlarang, karena menjual barang yang belum dimiliki,.

    Jadi jika anda sudah menyetujui nanti reseller menjadi wakil anda utk menjual barang anda, dan anda menyetujui jika reseller menjual 70 ribu, lalu dibayarkan kepada anda 50 ribu, jadi si reseller dapat keuntungan dari selisih harga tersebut, maka ini tidak mengapa, jadi sistem drop ship , asal barang yang dijual jelas spesifikasinya, sesuai dengan info yang dipajang,

  40. assalamu’alaikum..
    kami saat ini sedang melajani usaha jual beli kredit, maaf jika nanti banyak pertanyaan :
    1. SI A pesan barang sama kami, terus kami carikan pesanan si A ke toko langganan kami SI B . apa boleh si B mengirim barang langsung ke Si A?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Jika si anda merupakan wakil dari toko si B , dan si A sudah memesan dan membayar kepada anda secara cash, maka tidak mengapa jika si B mengirim langsung ke alamat si A

    Tapi jika si A cuma pesan, tidak melakukan pembayaran, maka anda harus memesan ke si B , lalu barang dikirim ke tempat anda, dan anda bawa sendiri ke si A.

  41. Selamat pagi Pak Admin
    saya ingin bertanya soal perkreditan sprei yang saya jalankan saya beli tunai dari orang lain lalu saya kasihkan keorang lain buat jual seandainya laku 10 sprei saya kasih bonus keorang itu apakah usaha saya termasuk riba Pak.

    Karna sprei saya beli 100.000 saya kreditkan selama 10 bulan dengan bayaran 20.000 perbulan Pak.

    Kalau telat bayar saya tidak tambahkan bunga Pak. Lalu kadang saya kasihkan brosur keorang ini buat nawarin orang mau pesan sprei motif apa. Lalu, nanti saya beli sama orangnya secara tunai lalu saya kreditin apa Riba tidak Pak.terima kasih Pak sebelumnya Pak.

    Asal tidak dua harga, misalkan kredit sekian, cash sekian,. maka tidak mengapa,
    komisi yang anda berikan kepada orang yang menjualkan itu tidak mengapa

  42. Selamat pagi Pak Admin
    saya ingin bertanya soal perkreditan sprei yang saya jalankan saya beli tunai dari orang lain lalu saya kasihkan keorang lain buat jual seandainya laku 10 sprei saya kasih bonus keorang itu apakah usaha saya termasuk riba Pak.

    Anda memberikan komisi kepada orang yang menjualkan sprei anda, begitu maksudnya? jika betul, ya ngga apa-apa, itu bukan riba

    Karna sprei saya beli 100.000 saya kreditkan selama 10 bulan dengan bayaran 20.000 perbulan Pak. Kalau telat bayar saya tidak tambahkan bunga Pak.

    Lalu kadang saya kasihkan brosur keorang ini buat nawarin orang mau pesan sprei motif apa. Lalu, nanti saya beli sama orangnya secara tunai lalu saya kreditin apa Riba tidak Pak.terima kasih Pak sebelumnya Pak.

    Itu bukan riba, asal barangnya sesuai dengan yang di brosur,.

    Dan ingat.. tidak ada bunga ketika mengkreditkannya,.

  43. Assalamu’alaikum…
    Maaf mau konsultasi. Saya sekarang kredit motor di FIF dan kredit perumahan di BANK MANDIRI.semuanya konvensional,saya yakin itu riba.tp saya ga bisa nglunasin cicilan2 itu.
    kalo motor dan rumah itu saya jual,apakah uang hasil penjualanya itu haram?
    Terus apakah asuransi prudential syari’ah itu haram juga?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.

    Jika memang bisa dijual motor dan rumahnya,.lalu hasil penjualannya bisa untuk menutupi seluruh cicilannya,. maka sebaiknya itu yang dilakukan, agar segera terbebas dari riba,.

    Tidak mengapa ga punya motor, asal tidk terjerat riba,.
    Tidak mengapa tinggal di rumah kontrakan, daripada punya rumah sendiri tapi terjerat riba,

    Tentang asuransi syariah di indonesia saya belum tahu,. kalau embel2 syariah, itu bukan jaminan,

  44. assalamuailakum…

    mata pencarian saya adalah jualan bahan sembako (warung) yang ingin saya tanyakan , saya beli barang sama agen dengan cara hutang lalu saya jual ke pembeli dengan kontan.bagaimana hukumnya?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Tidak mengapa, asal jelas akadnya, dan tidak ada riba..

  45. Asslm,,,,yg ingin sya tyakan adalah bgaimna hkumnya klaw meminjam uang ke BANK konvensional? Yg hrus kita byar ke pihak BANK lbih dri jmlh uang yg kita pinjam,,trimksih,,wasslm

    wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    kelebihannya itu adalah riba,

  46. Assallammuallakum wrb.
    Saya Punya usah kredit barang.
    di usaha sy ada banyak sistem
    1.Custumer Memilih barangnya, kemudian sy kasi uangnya setelah barang diterima kita akad dan sy memberikan rincian kredit 1Bln 5% 2Bln 10% jd setiap bulan nambah 5%
    2. Custumer memilih barangnya kemudian saya mencari barangnya kemudian sy tawarkan milih yang berapa bulan
    apakah usah kredit saya termasuk riba, mohon bantuannya.

    Thanks,
    Warm Regards

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    itu termasuk riba jika akadnya seperti itu,.
    Harusnya jika kredit mau 1 bulan , 2 bulan itu harusnya sama saja, tidak berbeda, misal 1 bulan itu 5 % , maka yang 2 bulan juga 5% , jadi tidak beda, atau jika ada cash , maka harga cash dan kredit itu tidak boleh dua harga, tapi satu harga

  47. Saya penjual plsa..saya jual 12000…teman saya hutang pulsa tp bayarnya 2 minggu lagi trus sya bilang q jual 13000..apa yu termasuk riba

    jika anda mengatakan kepada teman anda seperti ini, kalau cash 12 ribu, tapi jika tempo 13 ribu, maka anda seharusnya menetapkan harga yang lebih murah, yaitu harga 12 ribu, jika tidak, maka itu adalah riba

    • Saya usaha kredit barang, pembeli saya bebaskan untuk menentukan batas waktu pembayaran, misal cicilan 5 bulan harga 1 jt, kalau 10 bulan 2 jt, itu bagaimana hukum nya pa?

      itu termasuk jual beli dua harga, ini dilarang,

      lebih baik anda tentukan dicicilnya berapa lama, dan satu harga saja, jadi dicicil 5 bulan atau 10 bulan harga tetap sama,..

      ingat dalam berjualan yg dicari itu halal dan keberkahan harta, serta bebas dari riba,

      • Saya usaha kredit barang, terkadang pembeli suka menanyakan harga terlebih dahulu, misal pembeli mau kredit hp, kebanyakan pembeli bertanya dulu berapa harga cash nya?

        Kalau di cicil 3 bulan jadi berapa?

        Lalu kadang bertanya lagi kalau 6 bulan jadi berapa? Bahkan ada jg yang bertanya dulu berapa % ambil keuntungan perbulannya?

        Bagaimana kalau kasus nya seperti itu pa? Bagaimana hukumnya?

        Jika belum tahu hukumnya menjual dengan dua harga, maka bertaubat saja pada Allah, sehingga tidak diulangi lagi.

        Jadi mulai sekarang jika jual barang cash atau kredit jangan dua harga, tapi mau beli secara cash atau kredit sama saja harganya, misal cash 500rb, kredit jg 500rb

        Tentang keuntungan berapa persen, bisa anda jawab, sekian persen, namanya pedagang kan ga ada yg mau jual rugi,

        • Jika konsumen ingin ikut beli pesanannya gimana pa? Misal dy mau beli hp kredit ke saya lalu dia mau ikut ke toko nya, harga hp nya 1jt, lalu saya jual dgn harga 1,5 jt. Itu bagaimana?
          Kan konsumen nya sudah tau harga cash nya karena dia ikut ke toko.

          Tidak mengapa, tapi akadnya nanti setelah hp sudah anda miliki,
          Jadi anda beli hape tersebut bersama dia ke toko, lalu anda beli hape tersebut 1 juta. Lalu anda pergi dari toko tersebut, dan transaksi dengan si konsumen tersebut, bukan transaksi di toko tersebut,

          Jadi akad atau transaksi dengan konsumen itu setelah anda memiliki hape tersebut, dan pergi dari toko tersebut

          • Maaf pa saya mau bertanya lagi, misalnya ada konsumen mau beli televisi kredit ke saya, tapi dia mau beli televisinya sendiri, jadi dia minta uangnya ke saya lalu beli televisi sendiri ke toko, baru kwitansinya di berikan kepada saya sebagai bukti.

            Bagaimana pa kalau kasusnya seperti itu?

            Kalau jawabannya tidak apa-apa, bagaimana saya memberikan harga jualnya, karena dia beli sendiri ke tokonya.

            Tidak bisa, berarti itu statusnya bukan beli televisi dari anda, tapi itu anda meminjamkan uang, bukan jual beli,

  48. asallamuallaikum
    mohon doanya agar saya bisa cepat lepas dari riba, yang baru aja saya sepakati pada pertengahan bulan maret tahun ini antara saya dengan pihak bank, saya pinjem uang di bank untuk renovasi rumah dengan agunan sertifikat rumah itu sendiri dengan jangka waktu 10 tahun, masya allah lama banget, mohon do’anya aja supaya saya bisa cepet nyelesaiin masalah ini aamiin…..
    wasalam

    Wa’alaikumussalam warahmatullah.
    Mudah-mudahan Allah mudahkan… Aamiin

  49. Assalamualaikum
    saya mau tanya … saya sedang di bingungkan dengan riba atau dengan pendapat orang lain.
    saya bekerja di jasa pembiayaan kredit barang atau bank.

    saya bingung itu riba atau tidak sedangkan yg saya tau yang berbungan Atau berlipat ganda itu termasuk riba.namun saya mau keluar tapi pendapat orang itu bkn riba dan halal kalo itu niatnya ibadah dan untuk keluarga sedangkan saya tau tu riba nah saya mau keluar tapi bingung saya takut ambil jalan …

    saya takut salah penafsiran ttg riba .mohon untuk solusi atau jawaban dari kebingungan saya.
    saya ingin berhenti di riba yg tidak membawa berkah dan di laknat walaupun penghasilanya lumayam bekerja di tempat pembiayaan.
    terima kasih

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    YA betul, itu riba,. jadi lebih baik anda keluar dari tempat riba tersebut,.

  50. assalamu’alaikum.
    afwan mau tanya, jika SiA pesan barang sama saya, terus saya carikan ke toko si B, karena sama toko B kami sudah di anggap Agen (sekedar di ucapkan oleh pemilik toko tidak tertulis) jadi ada kemudahan dari toko B untuk kami dalam hal pembayaran (bisa di cicil). Apakah barang yang sudah saya beli dari toko si B itu bisa saya jual secara kredit kepada Si A? jazzakallah..

    Wa’alaikumussalama warahmatullah,.
    Jika anda statusnya sebagai wakil si B yang merupakan pemilik toko dan si B ini sudah menyepakatinya, maka tidak mengapa.

  51. Maaf mau nanya, apakah sy riba atau tdk ya? Sy jualan baju, sy beli dgn harga Rp 10.000, trus sy jual kembali dgn harga Rp 50.000. sy dapat untung 4 kali lipat. mohon penjelasannya.. jazklh

    Adakah batasan atau standar dalam mencari untung ketika kita berdagang? Atau boleh kita mencari untung seenak kita? Karena ada yang menganggap ada batasan dalam masalah ini. Bagaimana perspektif Islam dalam hal ini menurut para ulama?

    Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz –semoga Allah senantiasa merahmati beliau– ditanya mengenai standar keuntungan syar’i dalam berdagang. Kemudian bolehkah seseorang membeli suatu barang dengan harga 50 riyal lalu ia jual 80 atau lebih dari itu?

    Jawab beliau rahimahullah:

    Perlu diketahui bahwa tidak ada batasan keuntungan (menurut syari’at). Keuntungan bisa saja banyak, bisa pula sedikit. Kecuali jika sudah ada batasan harga di pasaran dengan harga tertentu, maka tidak boleh konsumen dikelabui saat itu. Bahkan sudah sepantasnya si pedagang memberitahukan pada pelanggannya bahwa barang ini ada dengan harga sekian dan sekian, namun harga yang ia patok adalah demikian. Jika si pelanggan berminat dengan harga seperti itu, maka tidaklah masalah. Akan tetapi lebih baik memberikan harga seperti yang telah ada di pasaran. Adapun jika harga barang tersebut belum ada di pasaran dan belum ada standarnya, maka ia boleh menjual barang tersebut sesukanya dengan harga yang ia inginkan walau dengan keuntungan 30%, 50% atau semisal itu. Ini jika barang tersebut tidak ada standar harga.

    Sekali lagi syari’at tidak menetapkan besaran keuntungan bagi si pedagang. Akan tetapi seorang mukmin hendaknya memudahkan saudaranya. Hendaknya ia tetap suka walau mendapatkan keuntungan sedikit. Kecuali jika suatu saat kondisi berubah, barang yang ada berubah atau naiknya harga barang karena sedikitnya pasokan atau ada sebab lainnya sehingga keuntungan mesti ia tambah.

    Adapun jika seorang pedagang mengelabui orang yang tidak berdaya apa-apa atau ia menipu orang miskin dan ia menjual dengan harga yang terlalu tinggi, maka itu tidak boleh. Hendaknya ia menetapkan harga dengan harga standar seperti yang orang-orang jual. Kecuali jika ia menjual dengan ia katakan bahwa harga standar demikian dan demikian, sedangkan ia jual dengan harga seperti ini, maka seperti itu tidaklah masalah asalkan ia telah jelaskan sesuai realita atau karena alasan pasar yang jauh. Ketika ia naikkan harga seperti itu, ia sudah jelaskan alasannya.

  52. Saya kurang sependapat dengan pendapat anda yang membolehkan pilihan “pertama”. Apapun yang dimasud, bahwa kita membeli dngn harga 1 jt, meskipun dia berhutang kepada showroom motor, tetap harga 1 jt. Tidak ada ceritanya beda harga jadi 1.3 jt.
    Kemudian perlu saudara ingat juga, Rasulullah saw melarang jual beli suatu barang dengan harga yang berbeda. Kredit 1 jt ttp bayar 1 jt. Gak ada cerita hadi 1.3 jt.
    Itu sudah riba dan tidak sesuai tuntunan nabi menjual harga barang dengan berbeda harga.

    Betul kata anda, tidak ada jual beli jika cash sekian, dan kredit sekian (lebih mahal) saya mengikuti pendapat yang demikian, karena ini yang lebih kuat,.

  53. Kalau gini gimana ..

    saya hutang bank 50 juta..
    dengan bayar kredit jadi 70 juta..
    kalau dikira kira..saya sudah bayar 50 juta..pertanyaan saya.bolehkah saya tidak membayar yang 20 juta sebab itu riba..atau hutang asal saya sudah lunas.bolehkah?

    hutang di bank biasanya ya ada bunga,. kalau dalam islam hutang 50 juta ya dicicil tetap 50 juta, bukan membengkak jadi 70 juta
    secara hukum islam, ya sudah lunas, tapi secara hukum yang berlaku di negara yang membolehkan riba,. anda akan berurusan dengan hukum tersebut, bahkan mungkin bisa masuk penjara karena tidak mau membayar, atau harta anda disita,

  54. Assalamualaikum,,

    apakah jawaban diatas merupakan kesepakatan ulama,,atau ada ulama yg beda pendapat? mohon dalihnya. Karena ustat di kampung saya baru sekali ini berbeda pendapat dengan aslibumiayu. Terimakasih

    wa’alaikumussalam warahmatullah
    memang ada khilaf di kalangan ulama, dan saya pribadi memilih penjelasan di atas, itu lebih selamat, apalagi melihat dampak dari kredit dg dua harga tersebut bisa kita saksikan mudharatnya di indonesia…

    berbeda ketika pintu kredit belum banyak dibuka oleh pemerintah,

    Dan secara dzahir haditspun menunjukan larangan jual beli seperti itu,

  55. afwan, dengan di hapusnya jawaban artikel diatas apakah berarti mas admin meyakini bahwa jual beli kredit itu haram ?
    afwan jika salah pendapat saya, atau bagaimana yang rajih saya makin bingung?

    ada ribanya, yang haram itu ribanya,jadi jual beli yang seperti itu mengandung riba, sebaiknya tidak dilakukan dan dijauhi, ini yg lebih selamat, apalagi melihat dampak dari jual beli seperti ini bisa kita lihat langsung di negeri indonesia ini,

    kalau mau harga jual cash dan kredit itu sama saja harganya,

  56. Assalamualaikum..
    kalo misal menjual barang harga resmi 200rb..
    tp sy jualkn dengan potongan..
    kl bayar cash sy kasih diskon 20% dr harga jual,kl bayar’a mau dicicil sy kasih diskon 10% saja..
    apakah yg sperti ini termasuk riba ?? mohon penjelasannya..

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    itu sama saja, termasuk dalam larangan tersebut, sama saja seperti dua harga dalam satu transaksi

  57. Assalamualaikum.
    Saya ada 2 pertanyaan
    Yg pertama saya beli ac dicicil melalui pihak ketiga selama 12 bulan dan sudah bayar 4 bulan. Agar saya bebas dari riba tersebut apa yg harus saya lakukan.

    Yg kedua.. Saat ini saya bekerja sebagai staff pengisian uang mesin atm di salah satu bank bumn, apakah pekerjaan saya termasuk haram karna saling membantu dalam riba.
    Terimakasih jawabannya pak .

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Berapa harga AC nya, apakah cash dan kredit harganya berbeda atau sama, apakah cicilannya ada bunganya?

    Bekerja di tempat ribawi, itu sama saja tolong menolong dalam kemaksiatan, jadi apapun profesinya, dari atasan hingga bawahannya, hingga tukang sapu dan satpamnya, terkena ancaman itu, dan penghasilan dari tempat tersebut haram hukumnya,

    Sudah saya posting tentang bekerja di bank ribawi, dosa teringannya itu seperti dosa seorang anak yang berzina dengan ibunya sendiri,

  58. Assalam mualaikum, wr. wb

    Pak,

    Kalau seperti ini, saya punya barang harga 3000
    yang dijual secara angsur. tapi ketika akan akad terjadi proses tawar menawar yang barangnya menjadi 2000 dijual angsur.
    apakah itu termasuk riba ??

    mohon jawabannya pak, kalaw bisa balas ke email saya.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    itu bukan riba,

    • saya jadi bingung !!! kok bukan pak???, bisa dijelasin soalnya diatas ada pertanyaan kayak gini:

      Heni May 11, 2016 at 8:01 am

      Assalamualaikum..
      kalo misal menjual barang harga resmi 200rb..
      tp sy jualkn dengan potongan..
      kl bayar cash sy kasih diskon 20% dr harga jual,kl bayar’a mau dicicil sy kasih diskon 10% saja..
      apakah yg sperti ini termasuk riba ?? mohon penjelasannya..

      wa’alaikumussalam warahmatullah,
      itu sama saja, termasuk dalam larangan tersebut, sama saja seperti dua harga dalam satu transaksi

      +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

      apakah beda pak? karena saya jumpa ada kemiripan tapi beda kalimat saja.

      Jazakallah khair

      jawaban saya di koment tsb itu adalah termasuk yg dilarang, itu sama sama jual beli yang terlarang,

      jadi jika cash diskon besar, dan kredit diskon lebih kecil itu sama saja dgn cash diskon 30%, jika kredit diskon 10% , maka ini jual beli yg terlarang

      • Assalam mu’alaikum
        Mau tanya, harga mobil di dealer 100jt, saya punya uang 50jt, akhirnya saya beli lewat leasing dng harga 120jt, dng persyaratan dp 50jt dan sisanya dicicil 70jt selama 1thn. Selama satu tahun saya menyicil lunas tanpa ada denda, apakah ini termasuk riba?.
        Syukron.
        Wassalam mu’alaikum

        wa’alaikumussalam warahmatullah

        Anda awal transaksi dengan dealer atau leasing?

        atau anda datang ke dealer dulu lalu disuruh ke leasing?

        • Saya langsung ke leasing.
          Dengan catatan saya tahu jika beli di dealer lebih murah daripada di leasing, dan di leasing apabila ada keterlambatan cicilan akan muncul denda, maka saya bayar cicilan tiap tggl jatuh tempo supaya tidak kena denda, sampai dengan lunas.

          Apakah selisih kelebihan yg saya bayarkan ke leasing itu menjadi riba atau komisi jasa utk leasing?.

          Saya tanya,apakah leasing itu sudah punya motor yang anda mau beli?

          jika ada keterlambatan ada denda, ya itu transaksi riba, apakah ada jaminan anda tidak akan trlambat bayar? tidak ada jaminan..jadi transaksi trsebut jelas batil,

  59. ms sy pedgng klo kasus sperti ini gmn apakah riba. sy jual barang klo beli satuan @20 ribu klo beli di atas 5 harga @15 rb. jazakallah khairan

    Itu tidak termasuk,
    jazakallahu khairan

  60. Bismillah
    assalamualaikum..
    dikarenakan msh bingung..mohon penjelasannya.

    Tentang dua harga, misalkan
    kredit sekian, cash sekian,.

    apakah ini termasuk dua harga:
    jual BBM 10rb/ltr kalau di cash..
    tp kalau dihutang (bukan kredit/cicil) 15rb/ltr..

    mohon penjelasannya

    wa’alaikumussalamwarahmatullah,
    dihutang kan sama saja dibayar tempo, pembayarannya ditunda, walaupun tanpa dicicil, alias sekali bayar,

  61. apakah jenis transaksi seperti itu dilarang..?
    harga tinggi tapi hutang..dan
    harga rendah (normal) tp cash.
    seperti yg telah disebutkan diatas tentang jual beli BBM..

    karena jk dalam bisnis perhitungan perputaran uang..penjual akan rugi akhi.
    kalau harga bensin 10rb,kalau ngutang jg 10rb.
    apalagi orang yg ngutang kadang baru bayar setelah 3-4 bulan.

    bagaimana hukumnya?

    dalam islam, kalau hutang itu dicatat,kapan mbayarnya..jadi bkn dgn ketidakjelasan kapan mbayarnya,

    rugi? iya menurut prinsip ekonomi, dan jika mau si penjual bisa menolak utk dihutangi,

    Dan jangan membiasakan pembeli berhutang, sebab dengan adanya kemudahan berhutang ini justru akan membuat dampak kurang baik,

    ingat, untung atau rugi itu jgn dilihat dari sisi prinsip ekonomi saja, justru keuntungan yang sebenarnya adalah keberkahan dari transaksi tsb.

    mungkin secara prinsip ekonomi rugi, tapi tdk juga, hutang itu jika terpaksa, dan pembeli yg berhutangpun itu dlm kondisi trpaksa,jadi bkn si penjual malah yg nawarin agar jualannya laku,

    justru sebaliknya jika cash dan kredit harga sama, maka akan menguntungkan penjual,karena pastinya akan banyak pembeli,

    jadi tdk benar jika itu merugikan dari sisi ekonomi,

    mentaati aturan Allah, apalagi menjauhi riba, pasti akan mendatangkan keuntungan, bkn kerugian, walaupun secara sepintas mungkin seolah2 merugikan,

  62. Assalam mualaikum, wr. wb
    Pak ustad. ada sodara sy menawarkan menaruh uang di koperasi . lalu setiap bulannya uang kita di byarkan secara persennan.

    Contoh sy menyimpan uang 50.000.000.lalu setiap bulannya pihak koperasi mengembalikan ke saya 5 jt setiap bulannya.
    apakah ini termasuk riba ..????

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Maksudhny menyimpan uang 50jt itu untuk apa, dan yang 5 jt perbulan itu uang apa, pengembalian uang 50 jt tersebut, atau bagaimana, tolong dijelaskan,.

    • Iyah.setau sy uang yg saya simpan di koperasi di putar.untuk membantu pedagang kecil. Mungkin ! Contoh sy dan pihak koperasi membuat perjanjian. Uang yang saya simpan 5 jt. Selama setahun. Akan di bayarkan setiap bulannya Rp.500 rb. Dan setelah setahun uang sya yg 5 jt bisa diambil kembali.

      Akad perjanjiannya seperti apa? itu sebagai pinjaman modal, atau investasi usaha, jika investasi usaha, seperti apa akadnya?

  63. asaalammualaikum
    1.sy pengusaha material pasir,modalnya cuma beberapa truk, kalau ad pembeli sy baru kulakkan ke penambang pasir kemudian langsung sy krim k pembeli, keuntungan saya jual pasir dan sewa truk saya.

    apakah cara saya berdagang suda benar,mohon penjelasannya sy belum paham tata cra jual beli?

    wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Bagaimana sistem jual belinya jika ada pembeli,
    Apakah anda menjual pasir yg blm jadi milik anda, atau anda sudah diberi kebebasan oleh pemilik pasir untuk menjualkan pasirnya, tolong dijelaskan lagi

  64. Assalamu’alaikum
    Ortu saya penjual barang cash dan kredit
    Pada saat menjual kredit , si pembeli tidak bertanya tentang harga cash nya
    Dan ortu saya langsung membuat harga cicilan nya 10 bulan , tidak ada kalau 3 bulan segini, kalau 12 bulan segini
    Apakah termasuk riba ?

    Dan pada saat pembeli membeli barang, ortu saya dan pembeli misalnya ke tempat yang menjual barang elektronik dan sudah dikenal
    Kan di tempat penjualan barang elektronik tersebut tidak ada sistem kredit disitu
    apa ini termasuk ribakah ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    Tolong jelaskan prosesnya , misalkan ada orang sebut saja si A mau beli ke ortu anda, seperti apa prosesnya dari awal hingga barang sampai ke si A

  65. akhi mau tanya saya mau jual mobil seken akadnya 105jt..
    gataunya tiba2 si pembeli pake leasing..
    disini saya terkena riba ga?
    yg leasing antara dia sm bank aja sedangkan penjual taunya cash 105jt..
    bagaimana hukum penjual?

    kalau anda tahu sebelum transaksi bahwa dia menggunakan leasing, maka anda terkena, tapi jika anda tidak tahu menahu, dan tahunya setelah transaksi, maka anda tidak terkena,.

    jadi jika tahu sebelum transaksi, ya lebih baik di cancel saja

  66. Assalamualaikum..

    Akh..mau tanya…jika orang tua sy membelikan sy motor…nah motor itu bayarnya melalui kredit leasing, apakah motor yg sy gunakan tersebut mnjd haram hukum nya atau halal ? Mohon jawabannya akh
    wassalam

    wa’alaikumussalamwarahmatullah

    yg haram ribanya, motornya tetap halal,

    sedangkan dosa teringan dari riba itu seperti dosa seorang anak berzina dgn ibunya sendiri

    • Jazakumullah khairan katsir akh…

  67. saya mau tanya.

    kalau kita kredit, tapi kita punya kemampuan untuk membayar sebelum jatuh tempo /sebelum kena denda, apakah itu riba?

    waktu mau kredit sudah deal harga dan perhitungannya. tetapi apabila kita menghindari denda, apakah kredit itu tetap riba? mohon penjelasannya trimakasih.

    Kredit yg riba itu bkn hanya karena denda saja, tapi karena bunga, atau karena dua harga, misal kalau cash 1jt, jika kredit 1,2 jt,

  68. Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

    mohon saran dan penjelasannya

    saya di tawari untuk menjadi member di suatu perusahaan yang menjual produk yg syarat masuk member tersebut membeli produk tsb agar bisa menjadi member.
    dan jika menjadi member/anggota kelompok yang menjual produk untuk dipasarkan ke masyarakat dengan mempromosikan produk agar pengumpulan point untuk memperoleh bonus?
    apakah itu termasuk golongan riba?

    mohon penjelasannya dan pencerahannya
    supaya saya tidak salah melangkah.

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
    Itu MLM namanya, haram hukumnya, silahkan

  69. Asalamualaikum
    bgmn jika saya membeli mobil dgn leasing syariah… apakah termasuk riba?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,
    seperti apa akad atau prosedur dari leasingnya, coba jelaskan,

  70. aslamualaikum,

    sya ada rencana mau buka usha kredit hp, tentunya kalo kredit hrganya bisa lebih dari harga cash bahkan bisa hampir 2x lipat, gmna hukumnya apkah ini termasuk riba ?

    terima kasih

    wa’alaikumussalam warahmatullah,
    Jika akadnya ada dua hargam cash swkian,kredit sekian (lebih mahal dari cash) maka itu adalah riba,

    Harusnya cash dan kredit itu sama

  71. pa, sy dlu beli motor dgn leasing tp skrg sudh lunas,, sy ga tau itu dlu hukumnya apa,, skrg apa yg hrs sy lkukan dgn motor itu?

    motornya halal, ribanya itu haram,anda wajib bertaubat dari riba yang anda lakukan, dosa riba yg paling ringan itu seperti dosa anak menzinai ibunya sendiri

  72. Saya pegawai di kreditan elektronik…sebagai kepala gudang..apakah gaji yg saya terima termasuk riba…

    Seperti apa sistem kreditnya?

  73. Assalamualaikum warahmahtullahi wabarakatuh.

    Mohon penjelasannya, istri saya menjual barang (dispenser) seharga 800 ribu/buah.

    Cash dan kredit sama harganya tetap 800 ribu rupiah, tapi harga 800 ribu itu sudah untung karena kami beli dengan harga dibawah dan beli tempatnya jauh.

    Apakah ini riba atau gimana mohon infonya. Terima kasih…..

    Wa’alaikumussalamwarahmatullahiwabarakatuh..
    Itu bkn riba,justru itu transaksi yg bnr,tdk ada dua harga antara cash dan kredit

  74. Alhamdulillah….

    terima kasih atas penjelasannya. Semoga Allah senantiasa menyertai setiap langkah dalam hidup kita. Dan semoga ilmu yang diamalkan menjadi pahala yang tiada hentinya.

    Amin ya Robbal alamiin…..

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,.
    Aamiin

  75. Asalamualaikum..
    saya bekerja di salahsatu lising terkemuka di Indonesia, jadi sitimnya seseorang membeli elektronik, dari pihak lising membayar ke pihak toko, dam pembeli menyicil ke pihak lising, dan pasti ada bunga nya, apakah itu RIBA..?

    Wa’alaikumussalamwarahmatullah
    Itu adalah RIBA, sebaiknya segera keluar dari tempat tersebut, karena haram penghasilan dari tempat tersebut

  76. saya suka mengkreditkan barang elektronik…
    misalmya saya beli kulkas 1 jt..
    saya kreditkan lagi ke pembeli jadi 1,5 …
    trus pas pembeli nerima barang saya minta dp 200 sisany dicicil 6 bln…apakah itu riba

    tidak mengapa mengkreditkan seperti itu, asal tidak ada dua harga , misal kalau cash 1,3 juta, kredit 1,5 juta, nah kalau seperti ini termasuk riba,
    Dan cicilan juga jangan ada bunga atau denda jika terlambat bayar

  77. bagaimana kalau membeli rumah sama developernya langsung tapi bayarnya nyicil/bulan sampai 10 tahun dan harga sudah disepakati semisalnya harga 400 jt kita bayar dp 100 jt sisanya 300 jt kita cicil selama 10 tahun ,itu termasuk Riba atau tidak ya…syukron atas jawabanya

    Kalau nyicilnya kepada developer, tidak ada denda keterlambatan, tidak ada bunga, maka itu bkn riba,

  78. اسمعلايكم
    Angsuran dengan 2 harga apakah boleh, tapi ada kesepakatan 3 bulan ambil keuntungan 300 dalam 1 juta, jika 6 bulan ambil keuntungan 400 ratus,, dalam perjanjian 3 bulan dan 6 bulan,,, selebih 6 bulan tidak lagi mengambil keuntungan, bagaimana hukumnya

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,.
    Itu adalah riba, seharusnya harga cash dan kredit itu sama, tidak ada dua harga dalam satu transaksi,

  79. Assalamualaikum..

    saya bekerja pada sebuah showroom mobil,yg bekerja sma dg leasing,disaat org membeli secara kredit sya dpt bonus dri leasing,apakah bonus yg sya terima itu Riba?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah,..
    Dalam hal ini terkena dosa riba,

  80. Assalmualaikum

    1. berarti semua jenis kredit motor atau mobil yg di tawarkan lewat leasing adalah riba ya ? karena sy tadi di dealer di keluarkan brosur ini leasing a , b dan lainnya masing2 beda dp maupun angsuran cicilan.

    2. saya ke showroom motor bekas atau penjual langsung motornya dia jual harga motornya 7juta ke saya tapi saya baru ada uang 4juta, kata si pshowroom motor bekas / penjual ya sudah gpp mas 4 juta sini, sisa 3 jutanya tempo satu bulan ya boleh di bayar tiap minggu 1 juta atau langsung pas kahir bulan 3 juta tanpa ada biaya tambahan. apakah jenis itu riba ?

    Wa’alaikumussalam warahmatullah
    untuk yang ke 1 itu jelas riba,
    yang ke 2, jika seperti itu, dan cicilannya tidak ada bunga dan denda keterlambatan, maka itu tidak riba

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

*


  • ukasyah25@gmail.com on
  • AW on
  • be.zita on
  • jhonaldo on
  • Bachramsyah on
  • Aldi syah on
  • Hasdir on

Tweet Aslibumiayu

Copyright © 2016
———-
Sumber: Powered by &

” – Asli Bumiayu – Jumat, 2 Mei 2014/2 Rajab 1435H

Print Friendly