Menghidupkan Kembali Hati setelah Bermaksiat kepada Allah

Pertanyaan:

Bagaimana seseorang itu menghidupkan kembali hatinya, setelah ia bermaksiat kepada Allah?

 

 

Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkhali hafizhahullahu ta’ala menjawab:

Pertama, ia terlebih dahulu harus menjauhkan diri dari maksiat itu.

Kedua, ia harus menjauh dari sebab-sebab yang dapat menjatuhkannya ke dalam lumpur kejelekan. Atau yang sejenisnya, seperti melihat hal yang haram. Atau seperti mendengar hal yang haram. Atau melakukan perjalanan yang haram. Semua sebab yang dapat mengantarkannya ke sana.

Jadi, menjauhi maksiat adalah dengan bertaubat, menjauhi sebab-sebabnya, dan berteman dengan orang-orang shalih yang mereka itu—seperti telah kami katakan sebelumnya—pertemanannya denganmu akan menggantikan hawa nafsu pada dirimu. Jika engkau terputus dari pertemanan dengan mereka, engkau akan mati [hatimu]. Tetaplah bergaul dengan mereka.

Maka, hendaklah engkau berteman dengan orang-orang shalih. Berteman dengan mereka dan menyertai mereka. Sebab engkau akan mendapati kebaikan yang banyak dalam pertemanan dengan mereka dan mereka menjagamu, dengan keutamaan dan rahmat Allah, dari terjatuh kembali ke dalam apa yang dulu pernah engkau lakukan.

Setelah itu, hendaklah engkau perbanyak membaca Al-Qur’an. Hendaklah juga engkau perbanyak merendahkan diri dan memanjatkan doa kepadaAllah tabaraka wa ta’ala agar Dia melindungimu, sebagaimana Allah juga telah menuntunmu untuk bertobat dan melindungimu di sisa-sisa umurmu.

Perbanyaklah engkau berdoa dengan doa seperti itu. Mintalah agar Allah merahmatimu, menjagamu, mengokohkanmu, dan menguatkan hatimu. Perbanyaklah doa dari sisi ini. Sebab, sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menyia-nyiakan orang yang berdoa kepadaNya.

Rujukan: Tanya-jawab bersama Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkhali dalam sebuah muhadharah bertempat di Jami’ Al Hukair, Provinsi Abu ‘Arisy, Jazan, pada hari Kamis, 25 Sya’ban 1434 H.

———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Senin, 2 Maret 2015/11 Jumadil Awal 1436H

Print Friendly