Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Bertaubat Dari Jeratan ONANI?

Amalan Apa Yang Bisa Menghapus Dosa Onani

assalamu’alaikum pak ustad .
Pak ustad amalan apa yang dapat menghapus dosa onani ?
Pak ustad doa kan saya agar saya diapuni oleh allah

Jawab :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Onani hukumnya terlarang karena itu termasuk melampaui batas, Allah ta’ala berfirman di surat Al-Mu’minun menyebutkan sifat-sifat kaum mukminin, diantaranya:

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (٥)إِلا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (٦)فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (٧

5. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
7. Barangsiapa mencari yang di balik (selain itu.pen) itu Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.

Karena ini termasuk perbuatan dosa maka kita harus meminta ampun kepada Allah ta’ala dan bertaubat kepada-Nya supaya dosa tersebut diampuni oleh Allah ta’ala.

 Diantara syarat taubat kepada Allah ta’ala adalah:
1. Ikhlas karena Allah ta’ala
2. Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan
3. Segera meninggalkan perbuatan tersebut.
4. Bertekad untuk tidak kembali ke dosa tersebut
5. Taubat tersebut dilaksanakan pada saat Taubat masih diterima
lihat Asy-Syarh Al-Mumti’ ‘ala Zad Al-Mustaqni’ oleh syaikh Utsaimin 14/380Perbanyaklah juga untuk berbuat baik ikhlas lillahi ta’ala, diharapkan dengan demikian kebaikan-kebaikan tersebut menghapus dosa yang biasa Anda kerjakan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

اتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

“Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Ikutilah kejelekan dengan kebaikan niscaya ia akan menghapus kejelekan tersebut dan berakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik.”

HR. Tirmidzi no.1987. Dihasankan oleh Al-AlbaniUntuk menghindari kecanduan onani selayaknya orang yang kecanduan penyakit ini melakukan hal-hal berikut:
1. Banyak berdo’a supaya Allah ta’ala melindungi Anda dari pikiran buruk, dan banyak beribadah kepada-Nya dengan memahami inti dari ibadah tersebut.
2. Banyak melakukan puasa sunnah.
3. Menghindari hal-hal yang membangkitkan syahwat seperti melihat gambar-gambar atau video seronok, serta masuk dalam lingkungan yang penuh dengan ikhtilat antara laki-laki dan perempuan.
4. Menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif dan tidak membiarkan pikiran dalam keadaan kosong, supaya setan tidak banyak memiliki kesempatan untuk memasukkan pikiran-pikiran kotor ke dalam otak.Semoga Allah ta’ala mengampuni Anda dan kita semua dari dosa-dosa yang akan menyengsarakan hidup kita di dunia dan di akhirat.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Oleh : Redaksi salamdakwah.com
sumber : http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/dosa-onani.html

———-
Sumber: Asli Bumiayu – www.aslibumiayu.net – Kamis,28 Mei 2015/9 Sya’ban 1436H

Print Friendly