Apakah Boleh Membeli Saham Perusahaan-Perusahaan yang Bergerak di Bidang Perbankan?

Pertanyaan:

Apa hukumnya menanam saham di perusahaan-perusahaan dan bank-bank? Apakah boleh bagi seseorang yang menanamkan saham pada suatu perusahaan atau bank menjual saham miliknya di bursa saham yang memungkinkannya menjual kembali sahamnya dengan harga lebih dari harga yang ada pada waktu orang itu membelinya? Apa hukum keuntungan yang didapat oleh pemegang saham pada setiap tahun dari keseluruhan saham yang ia miliki?

Jawaban:

Menanam saham di bank-bank atau perusahaan-perusahaan yang melakukan praktek riba tidak boleh. Jika penanam saham ingin melepas sahamnya dari perusahaan ribawi itu, maka hendaklah ia jual saham-sahamnya dengan harga yang berlaku di bursa saham dan ia ambil modal pokoknya saja. Sisanya, ia infakkan di berbagai jalan kebaikan.

Tidak halal baginya untuk mengambil sesuatu dari keuntungan saham-saham tersebut atau keuntungan-keuntungan ribawinya. Adapun jika menanam sahamnya di perusahaan yang tidak melakukan praktek riba, maka keuntungan-keuntungannya halal.

وبالله التوفيق وصلّى الله على نبينا محمّد وآله وصحبه وسلّم

KOMITE TETAP KAJIAN ILMIAH DAN FATWA

Ketua              : Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz

Wakil Ketua   : Abdurrazzaq ‘Afifi

Anggota          : Abdullah bin Ghudayan & Abdullah bin Qu’ud

Rujukan: Fatawa lil Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts Al Ilmiyyah wa Al Ifta’: Juz XIII (Cet. II), Riyadh: Maktabah Al ‘Ubaikan, 1421H/2000M, halaman 508.

———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Kamis, 1 Januari 1970/22 Syawal 1389H

Print Friendly