Hati Hati Sama Orang Yang Berkata Allah Berada Di Atas Langit?

Mereka yang berkata: “Hati-hati sama aqidahnya salafi yang mengatakan Allah berada di atas langit.”

Ini baru sebagian kecil alasan-alasan kita mengatakan Allah Ta’ala berada di atas arsy.

Secara tidak langsung mereka berkata kepada Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu yang tidak diragukan lagi keilmuannya. “Hati-hati sama aqidahnya Ibnu Mas’ud yang mengatakan Allah berada di atas langit.”

Dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Di antara langit yang paling tinggi dengan kursi adalah lima ratus tahun, dan di antara kursi dengan air juga demikian. ‘Arasy di atas air dan Allah di atas ‘Arasy, dan tidak sesuatupun yang tersembunyi atas-Nya dari amal perbuatan kalian.”

Dikeluarkan Oleh: 1. Al-Lalika’i, Syarah Usul I’tiqad Ahlis Sunnah Wal Jamaah, 3/395-396, no: 659. 2. Al-Baihaqi, Al-Asma’ Was Sifat, 2/186-187. 3. Ad-Darimi, Ar-Raddu Al-Jahmiyyah, 275. 4. Ibn Khuzaimah, At-Tauhid, 1/242-243, no: 149. 5. Al-Thabrani, Mu’jam al-Kabir, 9/228. 6. Abu al-Syeikh, Al-Azhamah, 2/688-689, no: 279. 7. Ibn Abdil Barr, At-Tamhid, 7/… 8. Ibn Qudamah Itsbat Sifat Al-Uluw, 104-105, no: 75. 9. Al-Dzahabi, Al-Uluw, 64, katanya sanadnya sahih. 10. Ibn Qayyim al-Jauzi, Ijtima’ Al-Juyusy Al-Islamiyyah, 122. 11. Al-Haitsami, Majma’ Az-Zawa’id, 1/86, katanya perawi-perawinya adalah sahih.

Secara tidak langsung pula mereka berkata kepada Imam Syafi’i yang dijuluki lautan ilmu: “Hati-hati sama aqidahnya Imam Syafi’i yang mengatakan Allah berada di atas arsy di langit.”

Imam Syafi’i rahimahullah berkata : ”Berbicara tentang Sunnah yang menjadi pegangan saya, murid – murid saya, begitu pula para ahli hadits yang saya lihat dan saya ambil ilmu mereka, seperti Sufyan, Malik dan lain-lain, adalah iqrar seraya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, serta bersaksi bahwa ALLAH DI ATAS ARSY di LANGIT, dan dekat dengan makhluk-Nya, terserah kehendak Allah dan Allah itu turun ke langit terdekat (dunia) kapan saja Allah berkehendak.” [Lihat, I’tiqad al-A’immah al-Arba’ah, hal 58 – 59]

sumber : http://www.facebook.com/abu.arkan

———-
Sumber: Asli Bumiayu – www.aslibumiayu.net – Minggu, 7 Oktober 2012/21 Dzulkaidah 1433H

Print Friendly