Istri Saya Jin Muslimah!

Pertanyaan:

Apakah boleh bagi seorang muslim untuk menikahi wanita muslimah dari kalangan jin, dan sebaliknya?

Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi’i rahimahullahu ta’ala menjawab:

Ulama berselisih pendapat [ttg hal ini], sebagaimana di kitab Hayatul Hayawan karya Ad Damiri. Dan yang benar adalah bolehnya hal itu. Adapun firman Allah ta’ala,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya, Allah ciptakan untuk kalian isteri-isteri dari jenis kalian, agar kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya serta dijadikanNya di antara kalian rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar Rum: 21)

Ini adalah anugerah yang paling besar, yaitu seorang laki laki menikah dengan perempuan sesama manusia dan laki laki jin dengan perempuan jin.

Tapi kami tidak punya dalil larangan seorang laki laki menikahi perempuan dari kalangan jin. Demikian juga seorang wanita menikahi laki laki dari kalangan jin. Tidak ada dalil yang melarang itu dalam syariat. Akan tetapi, Imam Malik rahimahullah memakruhkan keluarnya seorang wanita dalam keadaan hamil. Ketika ditanya, “Dari mana kehamilan ini?”, dijawab, “Ia menikah dengan jin.” Maka kukatakan, ” Ini bisa membuka pintu zina dan perbuatan keji.”

RUJUKAN: Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi’i. Tuhfah Al Mujib ‘ala As-ilah Al Hadhir wa Al Gharib (Cet. IV). Shan’a: Darul Atsar. 1426H/2005M, halaman 372.

———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Kamis,21 Mei 2015/2 Sya’ban 1436H

Print Friendly