Jual-Beli Saham HARAM?

Pertanyaan:

Apa hukum syariat yang lurus ini tentang jual-beli saham-saham perusahaan yang memiliki saham bersama [join-stock company] seperti perusahaan transportasi umum, perusahaan semen Qashim, perusahaan perikanan Arab Saudi, dan sebagainya dari perusahaan-perusahaan saham bersama yang telah didirikan negara baru-baru ini untuk kemaslahatan negara dan rakyat? Apa hukumnya memperjual-belikan saham-saham itu secara kontan? Jika dibolehkan, apa hukumnya memperjual-belikan saham-saham tersebut secara kredit? Misalnya, seseorang ingin membeli 1.000 lembar saham seharga 160.000 riyal Arab Saudi. Ia bayar 100.000 riyal secara kontan dan sisanya, 60.000 riyal, ia bayar secara kredit setiap bulan selama satu tahun. Apakah seperti ini boleh?

Jawaban:

Jika saham-saham yang dimaksud tidak berlaku seperti uang tunai, baik secara keseluruhan atau sebagiannya, tetapi mewakili [aset] tanah, kendaraan, properti-properti atau yang semisal dengan itu dan semua ini diketahui oleh semua penjual dan pembeli, maka boleh menjual dan membelinya dengan pembayaran kontan atau diangsur dulu dalam satu atau beberapa cicilan, karena keumuman dalil-dalil bolehnya jual-beli.

وبالله التوفيق وصلّى الله على نبينا محمّد وآله وصحبه وسلّم

KOMITE TETAP KAJIAN ILMIAH DAN FATWA

Ketua              : Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz

Wakil Ketua   : Abdurrazzaq ‘Afifi

Anggota          : Abdullah bin Ghudayan & Abdullah bin Qu’ud

Rujukan: Fatawa lil Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts Al Ilmiyyah wa Al Ifta’: Juz XIII (Cet. II), Riyadh: Maktabah Al ‘Ubaikan, 1421H/2000M, halaman 321-322.

———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Kamis, 1 Januari 1970/22 Syawal 1389H

Print Friendly