Kelompok-Kelompok Khawarij Bukan Salafi, Kelompok-Kelompok Salafi Bukan Khawarij

Pertanyaan:

Apa bantahan Anda kepada orang yang mengatakan, “Sesungguhnya akidah Khawarij adalah akidah salaf dan bahwa mereka (maksudnya, Khawarij) adalah Salafi”?

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu ta’ala menjawab:

Ini ucapan batil. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah membantah hal itu melalui sabda beliau,

تَمْرُقُ مَارِقَةٌ عَلَى حِيْنَ فُرْقَةِ مِنْ أُمَّتِي، يَحْقِرُ أَحَدُكُمْ صَلَاتَهُ مَعَ صَلَاتِهِمْ، وَقِرَاءَتُهُ مَعَ قِرَاءِتِهِمْ، يَمْرُقُوْنَ مِنَ الإِسْلَامِ مُرُوْقَ السَّهْمِ مِنَ الرَّمِيَّةِ ، أَيْنَمَا لَقِيْتُمُوْهُمْ فَاْقتُلُوْهُمْ ، فَإِنَّ فِي قَتْلِهِمْ أَجْرًا لِمَنْ قَتَلَهُمْ

“Akan keluar dari umatku kelompok pemberontak nanti yang salah seorang kalian akan memandang remeh shalatnya dibanding shalat mereka dan bacaan Al Qur-annya dibanding bacaan mereka. Kelompok itu akan keluar dari Islam layaknya anak panah yang melesat menembus dari hewan buruannya. Di mana pun kalian menjumpai mereka, maka perangilah mereka. Sebab di dalam memerangi mereka, terdapat pahala bagi yang membunuh mereka.”

Dalam lafal yang lain, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda tentang Khawarij bahwa mereka,

يَقْتُلُونَ أَهْلَ الْإِسْلَامِ وَيَدَعُونَ أَهْلَ الْأَوْثَانِ

“membunuh kaum muslimin, tetapi membiarkan penyembah-penyembah berhala.”

Dan telah diketahui dari akidah mereka bahwa mereka mengafirkan para pelaku maksiat dari kaum muslimin. Khawarij menghukumi dan menetapkan para pelaku maksiat tersebut abadi di Neraka.

Karena itu, Khawarij memerangi Ali radhiyallahu ‘anhu dan orang-orang yang bersama beliau dari kalangan para sahabat dan selain mereka. Ali pun memerangi dan membunuh mereka ketika Perang Nahrawand. Mudah-mudahan Allah senantiasa me-ridho-i Ali dan para sahabat lainnya. Dan Allah-lah yang maha pemberi taufik.

Sumber: Muhammad bin Sa’ad Asy Syuwai’ir. Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah: Ta’lif Al Faqir ila ‘Afwi Rabbihi ‘Abdil Aziz bin Abdillah bin Abdirrahman bin Baz: Juz XXVIII. Riyadh: Idarah Al Buhuts Al ‘Ilmiyyah – Idarah Majallah Al Buhuts Al Islamiyyah. 1423H/2003M, halaman 253.

———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Kamis, 1 Januari 1970/22 Syawal 1389H

Print Friendly