Selain Shaum, Apa yang Rasulullah dan Para Sahabat BIASA Lakukan di Bulan Ramadhan?

Pertanyaan:

Mudah-mudahan Allah selalu memberi berkah kepada Anda, wahai syaikh yang mulia. Bagaimana teladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat ridhwanullah ‘alaihim di bulan Ramadhan?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullahu ta’ala menjawab:

Teladan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di bulan Ramadhan dan para salafush shalih dari kalangan sahabat serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik adalah menyambut bulan penuh berkah itu dengan mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan. Adalah nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang didatangi Jibril ‘alaihis salam setiap malam memperdengarkan Al Qur-an kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Dan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri, ketika bertemu dengan Jibril, lebih ringan untuk berbuat kebaikan daripada angin yang berhembus. Beliau orang yang paling dermawan dan lebih dermawan lagi ketika bulan Ramadhan.

Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang biasa ber-i’tikaf di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Berharap mencari lailatul qadar. I’tikaf sendiri adalah diamnya seseorang di masjid, agar dapat fokus melakukan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Rujukan: “Silsilah Fatawa Nur ‘ala Ad Darbi” (Kaset no. 214) dan untuk audionya bisa buka alamat http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/Lw_213_09.mp3

———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Jumat,19 Juni 2015/2 Ramadhan 1436H

Print Friendly