Bermakmum kepada Imam Shalat yang Senang Ber-istighatsah dengan Penghuni Kuburan

Pertanyaan:

Jika seseorang itu imam masjid dan ia ber-istighatsah dengan kuburan. Ia mengatakan, “Ini kuburan-kuburan para wali dan kita ber-istighatsah dengan mereka sebagai perantara antara kita dan Allah.” Apakah boleh bagi saya untuk bermakmum dengannya, sedangkan saya adalah orang yang menyeru kepada tauhid? Saya mohon Anda jelaskan kepada saya kedudukan nazar, istighatsah, dan tawassul.

Jawaban:

Siapa yang engkau pastikan bahwa ia ber-istighatsah dengan para penghuni kubur atau bernazar untuk mereka, maka tidak sah engkau shalat di belakangnya. Sebab ia musyrik dan seorang musyrik tidak sah keimamannya, shalatnya, dan tidak boleh bagi seorang muslim untuk shalat di belakangnya, karena firman Allah subhanahu wa ta’ala,

وَلَوْ أَشْرَكُواْ لَحَبِطَ عَنْهُم مَّا كَانُواْ يَعْمَلُونَ

“Dan jika mereka menyekutukan Allah, niscaya gugurlah apa yang telah mereka amalkan.” (QS. Al An’am: 88)

 

Dan firman Allah ‘azza wa jalla,

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ . وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ .

“Dan sungguh telah Kami wahyukan kepadamu dan orang-orang sebelummu, ‘Jika engkau melakukan kesyirikan, niscaya akan terhapus amalanmu dan engkau pasti akan menjadi orang-orang yang merugi’. Akan tetapi, Allah-lah yang berhak engkau sembah dan jadilah engkau termasuk orang-orang yang bersyukur.” (QS. Az Zumar: 65-66)

 

 

وبالله التوفيق وصلّى الله على نبينا محمّد وآله وصحبه وسلّم

KOMITE TETAP KAJIAN ILMIAH DAN FATWA

Ketua              : Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz

Wakil Ketua   : Abdurrazzaq ‘Afifi

Anggota          : Abdullah bin Ghudayan

Rujukan: Fatawa lil Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts Al Ilmiyyah wa Al Ifta’: Juz I (Cet. II), Riyadh: Maktabah Al ‘Ubaikan, 1421H/2000M, halaman 63.


———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Senin,27 April 2015/8 Rajab 1436H

Print Friendly