HAKEKAT ISLAM

Pertanyaan:

Apa hakekat Islam?

Jawaban:

Hakekat Islam datang dalam jawaban Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Jibril ‘alaihi ash shalatu was salam, ketika ditanya tentang Islam. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

اَلإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَإِ لَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ, وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ, وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ, وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً

“Islam itu engkau bersaksi bahwa tiada sembahan yang berhak disembah keçuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, engkau tegakkan shalat, engkau tunaikan zakat, engkau shaum Ramadhan, engkau berhaji ke baitullah jika mampu mengadakan perjalanan ke sana.”

Dan masuk ke dalamnya beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, hari kiamat, dan takdir yang baik atau yang jeleknya.

Sebagaimana juga masuk ke dalam itu sikap ihsan. Yaitu, engkau mengibadahi Allah seakan-akan engkau melihatNya. Jika engkau tidak bisa melihatNya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.

Sebab Islam, ketika disebutkan secara mutlak, mencakup semua perkara tersebut, karena firman Allah ta’ala,

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama di sisi Allah itu hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

Dan hadits Jibril ketika bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Islam, Iman, dan Ihsan, beliau menjawab seperti yang telah disebutkan itu dan mengabarkan bahwa Jibril bertanya tentang perkara-perkara tersebut untuk mengajarkan manusia tentang agama mereka. Tidak tersembunyi lagi, ini menunjukkan bahwa agama Islam adalah tunduk kepada perintah-perintah Allah, lahir dan batin, serta meninggalkan apa-apa yang Allah larang, lahir dan batin. Inilah Islam yang sempurna.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه .

Komite Tetap Kajian dan Fatwa Ilmiah

Ketua             : Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz

Wakil             : Abdurrazzaq ‘Afifi

Anggota          : Abdullah bin Ghudayyan dan Abdullah bin Qu’ud

RUJUKAN: Ahmad bin Abdirrazzaq Ad Duwaisy [Ed]. Fatawa lil Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’: Mujallad I (Cet. II). Riyadh: Maktabah Al ‘Ubaikan. 1421H/2000M, halaman 40.


———-
Sumber: DakwahIslam.Net – www.dakwahislam.net – Senin,20 April 2015/1 Rajab 1436H

Print Friendly